Salin Artikel

Ajaran Hakekok Ada Ritual Mandi Telanjang Bersama, MUI Banten: Ajarannya dari Dulu Sudah Ada, tapi...

Ritual seperti mandi bersama tanpa busana di penampungan air yang berada tengah perkebunan kelapa sawit dinilai menyimpangajaran Islam.

"Jelas kalau mandi ramai-ramai, telanjang kalau di ajaran agama sesat sudah," kata Romly kepada wartawan, Jumat (12/3/2021).

"Kecuali sendiri, di kamar mandi juga telanjang. Kalau ramai-ramai di tempat pemandian sudah di luar syariah," lanjutnya. 

Menurut Romly, ajaran Hakekok sudah ada dari dulu dan telah menyebar ke berbagai daerah termasuk di Kabupaten Pandeglang.

"Itu bukan sekarang saja, dari dulu ada, di setiap daerah ada. Hakekok itu sudah dulu ada, cuma timbul tenggelam, tidak banyak pengikutnya," ujarnya.

Faktor warga bergabung ajaran Hakekok

Romly menduga, bergabungnya sejumlah warga ke ajaran Hakekok karena kurangnya pemahaman agama dan faktor ekonomi.

"Bisa jadi (faktor ekonomi).  Yang jelas pengetahuan agama kurang. Orang yang berkeyakinan pada ajaran itu berbagai cara untuk cari pengikut dengan iming-iming," jelasnya.

Saat ini, MUI menyerahkan proses hukum kepada pihak kepolisan dan MUI Pandeglang selanjutnya akan memberikan pembinaan khusus agar mereka kembali keajaran islam yang benarm

"Polri menangani ini supaya tidak timbul keresahan, MUI tindak lanjut pembinaan," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/12/202637378/ajaran-hakekok-ada-ritual-mandi-telanjang-bersama-mui-banten-ajarannya-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke