Salin Artikel

DPRD Soroti Minimnya Rambu dan PJU di Lokasi Kecelakaan Bus di Sumedang

Menurut Irwansyah, jalur jalan provinsi, terutama di wilayah Darmaraja-Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat saat ini masih minim PJU dan rambu lalu lintas.

"Secara infrastruktur, termasuk wilayah Tanjakan Cae, Wado ini sebetulnya sudah cukup memadai. Hanya saja, masih perlu adanya fasilitas-fasilitas pendukung," ujar Irwansyah kepada Kompas.com di kantor Sekretariat DPRD Sumedang, Jumat (12/3/2021).

Irwansyah menuturkan, fasilitas pendukung jalan tersebut yaitu tersedianya rambu-rambu lalu lintas dan PJU yang memadai.

"Yang paling kami soroti di wilayah Wado itu, terutama soal penerangan jalan umum yang masih minim. Kami sering lewat masih gelap, masih minim PJU," tutur Irwansyah.

Irwansyah menuturkan, lokasi Tanjakan Cae, Wado ini memang rawan terjadi kecelakaan.

Sehingga, solusi utama yang harus dilakukan pemerintah adalah berkaitan dengan penerangan jalan umum dan pemasangan rambu-rambu di lokasi rawan.

"Minimal diutamakan dahulu di lokasi rawan ini agar didahulukan untuk pemenuhan PJU dan rambu-rambu lalu lintasnya sehingga kejadian fatal serupa tidak kembali terjadi di kemudian hari," sebut Irwansyah.

Irwansyah menyebutkan, akan mendorong pemenuhan kebutuhan sarana prasarana penunjang jalan umum ini kepada pemerintah daerah hingga pemerintah provinsi dan pusat.

"Anggaran yang dibutuhkan untuk memenuhi ketersediaan fasilitas penunjang jalan umum ini memang tidak sedikit, tapi minimal, pemerintah bisa mengutamakan untuk segera memenuhinya di lokasi-lokasi rawan kecelakaan seperti di Tanjakan Cae ini," kata Irwansyah.

Irwansyah menambahkan, warga, baik dari Sumedang maupun dari luar daerah, ke depan agar lebih waspada ketika melintasi jalur jalan Sumedang.

"Kami juga atas nama DPRD Kabupaten Sumedang menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas peristiwa nahas yang terjadi Rabu petang tersebut. Terutama, kepada seluruh korban dan keluarganya," kata Irwansyah.


Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Sumedang AKP Eryda Kusumah mengatakan, untuk mengantisipasi kecelakaan fatal kembali terjadi di lokasi bus maut di wilayah Wado, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dishub Sumedang.

"Kami akan koordinasikan dengan pihak Dishub. Nanti di tiap tikungan akan ditambah rambu-rambu lalu lintas. Kemudian rambu larangan bagi kendaraan besar untuk tidak melalui jalur ini," ujar Eryda.

Eryda menyatakan, saat ini pihaknya fokus terlebih dahulu pada penyelidikan kasus kecelakaan bus Tri Padma Kencana yang terperosok ke jurang di Tanjakan Cae, Wado, Sumedang tersebut.

"Kami juga mengimbau pengguna jalan untuk lebih waspada," kata Eryda. 

https://regional.kompas.com/read/2021/03/12/185437078/dprd-soroti-minimnya-rambu-dan-pju-di-lokasi-kecelakaan-bus-di-sumedang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke