Salin Artikel

Syaikhona Kholil Bangkalan Diusulkan Mendapat Gelar Pahlawan Nasional, Ini Penjelasan Khofifah...

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Syaikhona Kholil adalah guru dari sejumlah ulama pendiri Nahdlatul Ulama (NU) seperti KH Hasyim Asyari, KH Wahab Hazbullah, hingga KH As'ad Syamsul Arifin.

"Para sesepuh pendiri NU tersebut semuanya sudah memperoleh gelar pahlawan nasional, tapi Syaikhona Kholil Bangkalan belum," kata Khofifah usai menghadiri forum diskusi pengusulan Syaikhona Kholil di kantor DPD Partai Golkar Jawa Timur di Surabaya, Selasa (9/3/2021).

Mantan Menteri Sosial itu mengatakan, pengusulan gelar pahlawan nasional dilakukan berjenjang dari diskusi tingkat daerah, provinsi hingga pemerintah pusat.

"Jadi proses menyaring figur seseorang itu berlapis-lapis meski figur yang diusulkan sudah sangat masyhur," terang Khofifah.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jatim Sarmuji mengaku pihaknya salah satu yang mendorong dan menginisiasi agar Syaikhona Kholil mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

"Jadi Partai Golkar adalah salah satu inisiator dan siap mengawal agar pemerintah memberi gelar pahlawan nasional kepada Syaikhona Kholil," ujarnya

Bagi Golkar, kata Sarmuji, Syaikhona Kholil juga termasuk konseptor lahirnya ormas Nahdatul Ulama.

"Beliau juga yang berhasil melahirkan tokoh-tokoh bangsa dan mengajarkan Islam moderat di Indonesia," jelasnya.


Dilansir dari laman website pesantren Syaichona Moh Cholil Bangkalan, Mohammad Cholil bin Abdul Latif lahir pada 1225 Hijriyah atau 1835 Masehi di Desa Kramat Bangkalan.

Syaichona Cholil wafat pada 29 Ramadhan 1343 H/ 24 April 1925 dan di makamkan di Desa Martajasah Bangkalan Madura.

Semasa hidup, Syaikhona Kholil berguru ke sejumlah pesantren untuk mendalami ilmu agama seperti Pasuruan, Banyuwangi hingga ke tanah suci Makkah.

Sepulang dari Makkah, Syaikhona Kholil mendirikan pesantren di Bangkalan. Namanya tersohor sebagai ulama yang menguasai ilmu agama sehingga banyak yang berguru kepadanya.

Selain tiga ulama ulama pendiri Nahdatul Ulama seperti KH Hasyim Asyari, KH Wahab Hazbullah hingga KH As'ad Syamsul Arifin pernah berguru kepadanya, Presiden RI pertama Soekarno juga disebut pernah berguru kepadanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/09/215028878/syaikhona-kholil-bangkalan-diusulkan-mendapat-gelar-pahlawan-nasional-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke