Salin Artikel

Hari Jadi Kabupaten Semarang, Bupati Ziarah ke Makam Sunan Pandan Arang

UNGARAN, KOMPAS.com - Rangkaian peringatan Hari Jadi ke-500 Kabupaten Semarang dimulai dengan ziarah ke makam Sunan Pandan Arang I di Kelurahan Mugasari Kota Semarang, Selasa (9/3/2021).

Ziarah tersebut diikuti Bupati Ngesti Nugraha dan Wakil Bupati Basari.

Ngesti Nugraha mengatakan, ziarah tersebut bertujuan mendoakan leluhur Kabupaten Semarang.

"Sekaligus menghargai jasa pendahulu Kabupaten Semarang," paparnya, Selasa.

Pengurus Yayasan Sosial Sunan Pandan Arang Semarang, Aris Pandan menghargai kunjungan Bupati Semarang bersama rombongan.

"Ziarah ini adalah ikhtiar penting untuk mengingat sejarah panjang Kabupaten Semarang," ungkapnya.

Sekretaris Diskominfo Kabupaten Semarang Alexander Gunawan mengatakan perayaan hari jadi kali ini mengedepankan protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Dalam setiap kegiatan, ada pembatasan jumlah peserta dan semua harus sesuai protokol kesehatan," jelasnya.

Setelah ziarah ke makam Sunan Pandan Arang I, agenda selanjutnya adalah ziarah ke makam Sunan Pandan Arang II di Bayat Kabupaten Klaten.

Kemudian, Merti Bumi Serasi di eks Rumah Dinas Bupati Semarang dan serah terima air Tirta Perwitasari, serta wilujengan dan doa lintas agama.

Alex mengungkapkan, untuk pengajian dan istigasah akbar, diselenggarakan secara virtual di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang.

"Puncak acara 15 Maret 2021 upacara hari jadi di halaman kantor Bupati Semarang. Sementara untuk kecamatan, melakukan d kantor masing-masing dengan jumlah peserta terbatas," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/09/165800578/hari-jadi-kabupaten-semarang-bupati-ziarah-ke-makam-sunan-pandan-arang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke