Salin Artikel

2 Tetangga Positif Hasil Tracing TKW Penyintas Corona B.1.1.7, Ini Kata Dinkes Jateng

SEMARANG, KOMPAS.com - Tracing terhadap kontak erat tenaga kerja wanita (TKW) penyintas virus corona B.1.1.7 di Brebes sudah dilakukan kepada keluarga, teman seperjalanan dan sejumlah tetangga.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yulianto Prabowo mengatakan, dari tujuh orang keluarga AS telah menjalani swab dengan hasil negatif Covid-19.

"Hanya saja saat tracing ke tetangga, ada tetangga yang positif, tapi masih diteliti lebih jauh apakah itu varian baru atau bukan," jelasnya usai rapat di Kantor Gubernur Jateng, Senin (8/3/2021).

Yulianto menduga, tetangga yang dinyatakan positif dari hasil tracing itu bukan karena tertular dari AS, tapi dari pihak lain.

"Ada dua orang, tapi itu baru diteliti lebih lanjut varian yang mana. Karena ibu itu datang ke Brebes negatif, jadi prinsipnya enggak mungkin menularkan. Kalau ada orang lain positif, kemungkinan bukan dari AS," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, AS dan keluarganya sebanyak delapan orang menjalani isolasi mandiri dengan pantauan ketat sambil menunggu hasil tes khusus dari pemerintah.

Proses pemantauan pun berjalan lancar dengan dibantu pihak kelurahan, Babinsa dan Babhinkamtibmas.

"Itu satu keluarga dengan AS sebanyak 8 orang itu, diisolasi dan saya minta dipantau dengan ketat. Tadi saya pastikan ke Pemkab Brebes suplai makanan sudah aman, penjagaan juga aman karena ada kerjasama yang baik antara kelurahan, puskesmas, babinsa/babhinkamtibmas dan lainnya. Saya kira dengan PPKM mikro, model begini akan lebih efektif sehingga penanganan lebih mudah," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang TKI asal Brebes yang bekerja di Arab Saudi, AS (47) dikabarkan terpapar virus corona B.1.1.7.

Namun, AS sudah dinyatakan negatif setelah menjalani perawatan di Wisma Atlet pada 12 Februari lalu.

Meski sudah dinyatakan negatif, namun Pemprov Jateng dan Pemkab Brebes tetap melakukan tracing dan testing terhadap kontak erat dan kontak dekat AS.

Selain keluarga, sejumlah tetangga AS juga dites oleh petugas.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/08/142910578/2-tetangga-positif-hasil-tracing-tkw-penyintas-corona-b117-ini-kata-dinkes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke