Salin Artikel

Resmikan Bendungan Sindangheula, Jokowi: Bermanfaat Kendalikan Banjir

Bendungan yang dibangun sejak 2015 itu sudah siap difungsikan untuk pengendalian banjir yang kerap terjadi di wilayah Kabupaten Serang dan sekitarnya.

"Bendungan ini juga bermanfaat untuk pengendalian banjir, dengan mereduksi, mengurangi banjir 50 meter kubik per detik. Yang biasanya meluap Sungai Ciujung dan Sungai Cidurian yang sering menggenangi daerah di Kabupaten Serang dan sekitarnya," ujar Jokowi dalam sambutannya, Kamis (4/3/2021).

Kemudian, dengan berfungsinya Bendungan Sindangheula, maka akan meningkatkan produktivitas pertanian dengan kapasitas 9,3 juta meter kubik.

"Bendungan ini akan memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 hektar sawah yang ada di Serang dan pada umumnya di Provinsi Banten," ujar Jokowi.

Selain itu juga dapat memberikan nilai tambah yang besar bagi para petani di Banten dalam menjamin ketersediaan air yang cukup dan menjaga ketahanan pangan di Banten.

Kemudian, menurut Jokowi, Bendungan Sindangheula akan menyediakan air baku bagi daerah-daerah industri yang berkembang di Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon.

"Bendungan ini menyediakan air baku hingga 0,80 meter kubik per detik. Ini sudah dimulai, digunakan oleh Povinsi separuhnya 0,40 meter kubik per detik," kata Jokowi.

Manfaat lainnya, Bendungan Sindangheula juga berfungsi untuk pembangkit listrik dengan menghasilkan 0,40 megawatt.

"Kita tidak ingin tergantung pada energi fosil, karena nanti berarti ini hydropower," kata dia.

Terakhir, Bendungan Sindangheula bisa dimanfaatkan untuk konservasi dan pariwisata, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Kalau saya melihat tadi masuk, ini juga bisa menjadi destinasi wisata baru di Provinsi Banten dan juga mungkin bisa menarik dari provinsi yang lain di luar Banten," kata Jokowi.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/04/164919078/resmikan-bendungan-sindangheula-jokowi-bermanfaat-kendalikan-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke