Salin Artikel

5.000 Lansia di Banyumas Mulai Divaksin Covid-19 Pekan Depan

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Sebanyak 5.000 lansia di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akan mulai disuntik vaksin Covid-19 pekan depan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto mengatakan, vaksinasi untuk lansia akan dilakukan secara bertahap menyesuaikan ketersediaan vaksin.

"Kami baru dapat tambahan vakin kurang lebih untuk 5.000 sasaran. Mungkin nanti akan kami alokasikan untuk lansia," kata Sadiyanto kepada wartawan, Kamis (4/3/2021).

Namun, kata Sadiyanto, jumlah vaksin yang tersedia masih sangat sedikit dibanding jumlah lansia yang telah didata untuk divaksin sebanyak 169.000 orang.

"Kalau dibagi rata setiap puskesmas (hanya) akan mendapat jatah untuk 125 sasaran, padahal di puskesmas ada yang sampai 1.000 lebih lansia," ujar Sadiyanto.

Untuk itu, kata Sadiyanto, pihaknya akan berdiskusi dengan tim teknis untuk menentukan lansia yang menjadi prioritas sasaran vaksinasi.

"Masih kita diskusikan, apakah yang komorbid atau justru sebaliknya yang sehat, kita masih koordinasi dengan tim teknis. Kami juga akan meminta pendapat tim ahli," kata Sadiyanto.

Prinsipnya, kata Sadiyanto, pihaknya akan memberikan vaksin kepada lansia secara proporsional.

"Kami akan petakan sesuai prioritas, yang risikonya kecil, tapi bermanfaat agar tidak terpapar Covid-19. Minggu depan kita mulai (vaksinasi), mungkin Selasa atau Rabu," jelas Sadiyanto.

Sadiyanto menambahkan, vaksinasi untuk lansia di masing-masing puskesmas diperkirakan akan membutuhkan waktu sekitar dua hari.

"Tempatnya juga masih dipertimbangkan, apakah di balai desa atau puskesmas. Kalau di balai desa aksesnya lebih mudah, karena dekat, tapi kalau mempertimbangkan risikonya lebih baik di puskesmas," kata Sadiyanto.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/04/111741178/5000-lansia-di-banyumas-mulai-divaksin-covid-19-pekan-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke