Salin Artikel

Bupati Batang Wihaji: Kita Pahami Suasana Kebatinan Pak Ganjar, tetapi Rakyat Butuh Makan

KOMPAS.com - Bupati Batang Wihaji menegaskan tak akan menutup semua pusat keramaian pelaksanaan gerakan Jateng di rumah saja.

Menurutnya, setelah mencermati surat edaran dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, ada poin terkait memahami suasana kebatinan rakyat.

“Surat edaran sudah saya baca, ada poin akhir yang harus kita lihat kondisi lokal Batang dengan menerjemahkan SE tersebut yang harus memahami suasana kebatinan rakyat, seperti pedagang somai, mi ayam keliling atau para pelaku UMKM yang mendapat rejeki di hari libur akhir pekan,” kata Wihaji, Rabu (3/2/2021).

“Di situ (akhir pekan) aktivitas ekonomi rakyat mendapatkan rezeki, kita memahami suasana kebatinan Pak Gubernur, tapi kita harus memahami suasana kebatinan rakyat Batang. Rakyat butuh makan,” tambah dia.

Untuk itu, menurutnya, pihaknya tidak akan seluruh tempat keramaian di Batang akan ditutup di tanggal 6 dan 7 Februari 2021.

Menurutnya, pencegahan penularan Covid-19 tak harus dengan melakukan penutupan pusat keramaian.

Hal itu bisa dilakukan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan.

untuk mencegah penyebaran Covid-19 itu tidak harus melarang orang beraktivitas keluar rumah atau melakukan penutupan pasar dan tempat keramaian, tapi cukup dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Poin penting bagi saya adalah protokol kesehatan yang diperketat, itu yang saya kira siap menjalankan SE gubernur, tetapi dengan menerjemahkan suasana lokal Batang,” ungkap Wihaji.


Seperi diberitakan sebelumnya, Ganjar mengeluarkan surat edaran soal gerakan Jateng di rumah saja untuk merespon atas keluhan Presiden Joko Widodo yang menilai pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) gagal.

“Hasil rapat dengan para Sekda dan alhamdulillah sebagian besar setuju. Kira-kira kita siap di tanggal 6 sampai 7 (Februari) untuk melakukan gerakan di rumah saja secara bersama-sama. Maka kita minta partisipasi masyarakat yuk kita di rumah saja, hanya dua hari saja," ucap Ganjar di rumah dinasnya, Semarang, Selasa (2/2/2021).

(Penulis: Kontributor Pekalongan, Ari Himawan Sarono | Editor : Dony Aprian)

https://regional.kompas.com/read/2021/02/04/07340041/bupati-batang-wihaji--kita-pahami-suasana-kebatinan-pak-ganjar-tetapi-rakyat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke