Salin Artikel

Buntut Wahana yang Viral, Dusun Semilir Ditutup karena Langgar Protokol Kesehatan

Menurut General Manager Dusun Semilir Agus Sasongko, perosotan memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dan panjang lintasan 130 meter dengan lintasan warna-warni.

"Para pengunjung selalu penasaran dengan wahana satu ini. Foto, video maupun konten tentang perosotan sangat viral di media sosial," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (2/12/2020).

Hal tersebut menjadikan animo masyarakat untuk berkunjung ke Dusun Semilir sangat tinggi, sehingga pengunjung meningkat drastis di masa pandemi ini.

"Pengunjung rela menunggu di luar gerbang Dusun Semilir ketika diberlakukan pembatasan pengunjung sebesar 50 persen dari kuota normal dan menyebabkan kemacetan di jalan," kata Agus.

Dia menyampaikan Dusun Semilir sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Dimulai dari pengecekan suhu tubuh, imbauan oleh petugas lapangan dan melalui paging information untuk memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," paparnya.

Irene Shinta Dewi, Marketing Communication Dusun Semilir, menambahkan sebagai evaluasi akan lebih memperketat protokol kesehatan setelah buka kembali.

"Terutama sistem pembatasan pengunjung supaya tetap aman dan nyaman bagi semua. Sistem yang digunakan adalah pembagian jam kunjungan wisata menjadi dua sesi seperti yang sudah dilakukan di Candi Borobudur," ungkapnya.

"Diharapkan, pengunjung dapat memahami regulasi baru dari Dusun Semilir terkait dengan kebijakan pembatasan ini," kata Irene.

Dia berharap pemerintah dapat segera mempertimbangkan pangajuan Dusun Semilir untuk beroperasi kembali.

"Dusun Semilir menjadi wadah kegiatan UMKM dengan jumlah kurang lebih 3.000 kepala keluarga, yang sangat menggantungkan hidup dari operasional Dusun Semilir. Selain itu, ada ratusan staf yang terpaksa harus dirumahkan terkait kebijakan penutupan sementara ini," paparnya.

Seperti diberitakan, operasional Objek Wisata Dusun Semilir dihentikan oleh Satpol PP Kabupaten Semarang karena dianggap melanggar protokol kesehatan pada Minggu (29/11/2020).

Selain itu, Dusun Semilir juga dinilai mengabaikan Amdal Lalin karena menyebabkan kemacetan.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/03/08302891/buntut-wahana-yang-viral-dusun-semilir-ditutup-karena-langgar-protokol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke