Salin Artikel

Usai Acara Tur ke Bromo, 36 Pegawai Pemkab Brebes Positif Covid-19

Mereka yang positif Covid-19, beberapa di antaranya sempat mengikuti kegiatan ke Bromo dan Malang, Jawa Timur pada 7 sampai 9 November 2020.

Saat itu selain diikuti bupati dan suaminya, juga sekretaris dinas beserta pengiring atau ajudan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr. Sartono mengungkapkan, hasil pemeriksaan swab, yang terbaru ada 11 orang dinyatakan positif Selasa (24/11/2020).

Dengan adanya penambahan itu, total positif yang terkait usai acara ke Bromo menjadi 36 kasus.

"Tambahannya tiga peserta tur, dan delapan karyawan BKPSDMD. Hasil laboratorium keluar hari ini," kata Sartono, kepada wartawan, Selasa (24/11/2020).

Sartono menduga, tiga pejabat tersebut dimungkinkan tertular saat berada dalam bus selama bepergian ke Bromo.

Sementara sumber penularan 8 karyawan BKPSDMD (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah) Brebes bisa juga masih berkaitan.

"Karena ada pejabat peserta tur yang positif Covid-19 sempat masuk kantor. Namun kami masih menelusuri semua kemungkinan transmisi virus di kantor itu," ujarnya.


Sementara 25 kasus sebelumnya yakni terdiri dari 3 orang adalah suami dan 2 anak bupati, 12 penghuni rumah dinas bupati, dan 10 pejabat Pemkab Brebes peserta tur ke Bromo.

Kepala Bidang Komunikasi dan Kehumasan Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Brebes Lusiana Indira mengatakan kegiatan ke Jawa Timur adalah studi banding perihal reformasi birokrasi tentang kedisiplinan ASN.

"Itu studi banding ke Pemkot Malang. Temanya reformasi birokrasi, tentang kedisiplinan ASN," kata Lusiana saat dikonfirmasi wartawan.

Diberitakan sebelumnya, suami dan kedua anak dari Bupati Brebes, Jawa Tengah Idza Priyanti dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19.

Meski suami dan kedua anaknya positif tapi hasil pemeriksaan swab terhadap Bupati Idza Priyanti hasilnya negatif Covid-19.

"Hasil swab keluar Rabu (11/11/2020) pekan lalu, hasilnya positif Covid-19. Pak Warsidin isolasi mandiri, dua anaknya memilih dirawat di rumah sakit, meski gejalanya ringan," kata Sartono, saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/11/2020).

https://regional.kompas.com/read/2020/11/24/21194421/usai-acara-tur-ke-bromo-36-pegawai-pemkab-brebes-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke