Salin Artikel

Aktivitas Merapi Meningkat, Bupati Magelang Minta Jalur Evakuasi Diperiksa

Hal ini penting sebagai langkah antisipatif menghadapi potensi bencana, terutama erupsi Gunung Merapi.

Menurutnya, saat ini telah dicek dan dipetakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat bersama instansi terkait, termasuk kondisi Tempat Evakuasi Akhir (TEA).

"Kita pastikan jalur evakuasi seperti apa, kondisi TEA, kapasitasnya seperti apa. Ini sedang dilakukan pemetaan oleh BPBD terkait itu, kita kerja sama seluruh sektor. Terus siapa yang bertanggung jawab di titik-titik, kalau (erupsi) itu datang,” kata Zaenal, Selasa (27/10/2020).

Untuk diketahui, lebih dari setahun ini tingkat aktivitas Gunung Merapi berada pada level II (Waspada).

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan pada level tersebut ada potensi bahaya luncuran awan panas dari ubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif.

BPPTKG juga telah merekomendasikan agar tidak ada aktivitas manusia pada area dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Rekomendasi ini menjadi perhatian dari seluruh OPD terkait kebencanaan dan relawan serta masyarakat di sekitar Gunung Merapi, khususnya yang berada pada wilayah Kawasan Rawan Bencana (KRB) III. 

Kawasan ini meliputi 19 desa di tiga Kecamatan yaitu, Kecamatan Sawangan, Kecamatan Dukun, dan Kecamatan Srumbung.

“Peningkatan status belum ada dari BPPTKG, cuma kita sebagai pemerintah tugasnya melindungi masyarakat, baik (dari bencana) non alam, maupun dari alam. BPBD telah melakukan rakor dengan seluruh sektor, untuk antisipasi, apalagi di situasi pandemi," ungkap Zaenal.


Zaenal berujar, telah menggelar apel siaga untuk menghadapi bencana dan libur panjang di halaman kantor Pemda Magelang, Selasa (27/10/2020).

Apel diikuti seluruh personel dari BPBD Kabupaten Magelang, Polres Magelang, Kodim Magelang dan relawan.

"Kita mengikuti imbauan pemerintah pusat dan provinsi Jateng, menganjurkan warganya terutama ASN untuk tidak ke luar kota dan lain sebagainya,” kata terang Zaenal.

Pada kesempatan itu Zaenal mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna menekan penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto mengungkapkan bahwa, kondisi terkini Gunung Merapi saat ini berdasarkan informasi dari BPPTKG telah menunjukan adanya peningkatan aktivitas.

"Tetapi sekali lagi BPPTKG tidak dapat memastikan secara pasti akan meletus atau tidak. Sementara itu, kewajiban kita adalah meningkatkan kewaspadaan," ungkapnya.

Lanjut Edi, meningkatkan kewaspadaan itu dapat dilakukan mulai dari mempersiapkan SDM, peralatannya, dan tata kelola manajemen kebencanaannya, yang bertujuan untuk mengurangi risiko bencana.

"Kami sebagai aparat terkait, yang memiliki tugas memberikan perlindungan kepada masyarakat tentunya harus melakukan langkah yang terbaik dengan mempersiapkan diri meningkatkan kewaspadaan," sebut Edi.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/28/14161141/aktivitas-merapi-meningkat-bupati-magelang-minta-jalur-evakuasi-diperiksa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke