Salin Artikel

Pemkot Pekalongan Gelar Upacara Virtual Peringatan Hari Batik Nasional

Upacara berlangsung di Ruang Kresna Setda Kota Pekalongan, Jumat (2/10/2020).

Masyarakat dapat menyaksikan peringatan HBN melalui live streaming di kanal YouTube Pemerintah Kota Pekalongan.

Peringatan HBN di Kota Pekalongan ini dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tak ada kemeriahan upacara maupun karnaval batik yang biasanya dipadati ribuan warga.

Wali Kota Pekalongan Saelany Machfudz menyampaikan, ada lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 dalam tiga bulan terakhir ini, sehingga penyelenggaraan HBN pun digelar secara sederhana dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka Peringatan HBN ini kami laksanakan secara daring atau virtual,” tutur Saelany dalam upacara virtual peringatan Hari Batik Nasional, Jumat.

Menurut Saelany, sekalipun peringatan HBN harus diperingati secara sederhana, tapi momentum ini tidak mengurangi makna kekhidmatan dan kebanggaan Kota Pekalongan yang dikenal sebagai daerah penghasil batik.

Saelany juga mengimbau warga Kota Pekalongan untuk tetap bangga mengenakan batik asli daerahnya.

“Kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pelaku industri batik dan komunitas pencinta batik, atas bantuan serta dukungannya selama ini dalam melestarikan batik sebagai warisan yang tak ternilai bahkan sebagai penghidupan warga Kota Pekalongan dan Indonesia pada umumnya," tandas Saelany.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/02/14005731/pemkot-pekalongan-gelar-upacara-virtual-peringatan-hari-batik-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke