Salin Artikel

Buka Lahan di Wilayah Sengketa, 4 Warga Timor Leste Diamankan Anggota TNI

"Mereka diamankan karena melaksanakan pembukaan lahan di wilayah sengketa Naktuka," ungkap Komandan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol Arm Laode Irwan Halim dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (29/9/2020).

Empat warga Timor Leste yang ditangkap itu berinisial N (44), R (34),V(15), dan M (5).

Laode menjelaskan, penangkapan itu bermula ketika pihaknya mendapatkan laporan dari salah satu warga Indonesia tentang aktivitas pembukaan dan pembakaran lahan.

Pembukaan lahan di wilayah sengketa Naktuka itu dilakukan warga Timor Leste. Lahan yang dibuka berada di dekat Pos Oepoli Pantai.

"Dengan mendengar informasi tersebut, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik mengerahkan sebagian personel dari Pos Oepoli Pantai untuk memastikan kebenarannya," ucapnya.

Tiba di lokasi, personel satgas menemukan empat orang membakar lahan di wilayah sengketa antara Indonesia dan Timor Leste itu.

Setelah melapor ke pimpinan, petugas di lapangan membawa empat warga Timor Leste itu dibawa ke Pos Oepoli Pantai untuk dimintai keterangan.

"Berdasarkan keterangan yang bersangkutan, memang benar mereka melaksanakan aktivitas membuka lahan dalam rangka penyiapan lahan yang digunakan untuk bercocok tanam padi," terangnya.

Setelah itu, TNI berkoordinasi dengan UPF Timor Leste, Imigrasi, dan Kepolisian Amfoang Timur, terkait empat orang tersebut.

"Kami menyerahkan orang yang bersangkutan untuk ditindaklanjuti oleh pihak yang lebih berwenang," jelas Laode.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/29/16384571/buka-lahan-di-wilayah-sengketa-4-warga-timor-leste-diamankan-anggota-tni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke