Salin Artikel

Menengok Tins Gallery, Kado Ulang Tahun Kota Pangkalpinang ke-263

Salah satunya yang baru saja dibuka yakni Tins Gallery dan Boutique Resto di Jalan Sudirman Pangkalpinang.

Lokasi ini kaya akan nilai sejarah karena menggunakan gedung warisan Belanda yang dibangun pada 1913.

Dulunya bangunan tersebut menjadi tempat tinggalnya Controleur Pangkalpinang.

"Saat ini tak hanya menjadi pusat galeri produk UMKM, TINS Gallery ini juga menjadi salah satu tempat untuk menikmati sajian kuliner Bangka Belitung," kata Direktur Utama PT Timah Tbk M Riza Pahlevi saat acara peresmian, Kamis (17/9/2020).

Riza menuturkan, Tins Gallery akan menyerap produk usaha masyarakat sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Kami melibatkan tokoh-tokoh daerah yang memiliki kreativitas sehingga bangunan bersejarah ini bisa menjadi lebih bernilai dan dimanfaatkan secara ekonomi," ujar Riza.

Peresmian Tins Gallery dan Boutique Resto sekaligus menjadi kado PT Timah Tbk untuk Hari Ulang Tahun ke-263 Kota Pangkalpinang.

Tins Gallery

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengapresiasi apa yang dilakukan PT Timah Tbk yang menjadikan aset yang selama ini kurang termanfaatkan menjadi TINS Gallery, apalagi berada di pusat kota Pangkalpinang.


Bagi Molen, sapaan akrab Maulan Aklil, keberadaan TINS Gallery ini memberikan nuansa yang berbeda bagi masyarakat.

"Bukan hanya museum yang menampilkan produk-produk UMKM Babel, tetapi sekaligus sebagai kulinari yang luks dan representatif," sebut Molen.


TINS Gallery tidak hanya sebagai Galeri, tetapi juga destinasi wisata yang memiliki kapasitas sebagai plasa di tengah kota, dengan dukungan café dan resto yang berkualitas, menu kuliner yang istimewa, interior dan outdour area yang instagramable.

Pengunjung dapat melihat ratusan produk UMKM menjadi showcase produk mitra binaan PT Timah yang unggul dan memiliki daya saing secara kualitas maupun kemasan.

Mengusung konsep heritage, didalam TINS Gallery terdapat fasilitas gallery UMKM, boutique resto, edukasi dan entertainment, menjadi icon menarik bagi para wisatawan yang berkunjung.

Belanja UMKM lebih mudah

Kepala Dinas Koperasi dan usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Babel, Elfiyena, mengakui, pemerintah memang belum menyediakan galery untuk produk UMKM yang berada di pusat kota.

"PT Timah telah ikut berpartisipasi dan mendukung mempromosikan produk UMKM Babel, karena kita nggak ada galery yang khusus, kalau Timah sudah bisa, ini terobosan baru dalam memasarkan produk UMKM, " ulasnya.

Di Gallery ini, kata Elfie, produk-produk UMKM bisa dipasarkan dan UMKM juga bisa naik kelas, karena selain kemasannya yang harus menarik ini juga memacu mitra binaan untuk berinovasi meningkatkan kualitas produk.

Kerajinan yang tersedia seperti kain tenun cual, miniatur berbahan timah (pewter), tas anyaman, guci dari serat kayu dan pernak-pernik lainnya.

Harga yang ditawarkan mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/17/15361871/menengok-tins-gallery-kado-ulang-tahun-kota-pangkalpinang-ke-263

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke