Salin Artikel

Ibu dan Balita 3 Tahun di Indramayu Positif Covid-19, Tertular Sang Ayah

AP dan Z sebelum terkonfirmasi positif, sebelumnya melakukan kontak dengan D yang kini menjalani perawatan di Wisma Atlet, Jakarta. D sendiri telah terkonfirmasi positif Covid-19. AP dan balita Z dites swab pada Selasa (11/8/2020).

"Mereka kita melakukan tracing pada 11 Agustus dan tanggal 14-nya positif. Mereka positif tertular dari sang ayah," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, Rabu (19/8/2020).

AP dan Z, merupakan pasien ke-13 dari yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Indramayu. Sebelumnya yang terkonfirmasi positif, warga Anjatan, Kabupaten Indramayu, K (37), dan meninggal dunia dengan komorbit diabetes melitus.

Untuk menerima perawatan, kini AP dan Z telah diisolasi di RSUD Indramayu.

Warga abaikan protokol kesehatan

Dengan bertambahnya pasien positif Covid-19 di Indramayu tersebut, Deden mengungkapkan masih banyak masyarakat belum sadar protokol kesehatan. Juru bicara sekaligus Kadinkes Indramayu tersebut menilai, saat ini masyarakat banyak yang abai.

"Dengan adanya AKB masyarakat memang abai dalam protokol kesehatan. Nanti kita akan lakukan tindakan swab masal 1 persen dari jumlah populasi. Kalau kita hitung penduduk kita sekitar 1.850 juta, berarti kita tesnya 248, tergantung kriteria klasternya," kata Deden.

Dengan adanya dua jumlah pasien positif Covid-19, di Kabupaten Indramayu saat ini bertambah menjadi 65 orang. Dari jumlah total tersebut, 6 diantaranya meninggal dunia, 46 dinyatakan sembuh dan 13 masih dalam perawatan.

"Jadi paling rawan klasternya itu ada dua, yaitu Kecamatan Tukdana dan Karangampel. Di dua daerah tersebut harus hati-hati sebab zonasi (klaster) itu ada sebagai peringatan," kata Kadinkes Indramayu tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2020/08/19/13000051/ibu-dan-balita-3-tahun-di-indramayu-positif-covid-19-tertular-sang-ayah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke