Salin Artikel

Pria Asal Gresik Ciptakan Robot Sangrai, Mengolah Biji Kopi Menjadi Mudah

Para pengolah kopi biasanya menggoreng biji kopi secara manual.

Hal tersebut bisa menguras tenaga dan juga waktu.

Namun, kini para pemilik warung kopi bisa terbantu dengan hadirnya robot atau mesin penggoreng kopi yang diciptakan oleh Abdul Majid.

Warga Desa Tanggulrejo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, itu memutar ide kreatifnya untuk menciptakan robot sangrai.

Ani, salah seorang pemilik warung kopi yang memiliki alat tersebut sudah merasakan manfaat penggunaan robot sangrai ciptaan Abdul Majid.

"Sangat membantu. Sebab semula pekerjaan menggoreng kopi yang biasa saya lakukan sendiri (manual), kini bisa dilakukan secara otomatis dengan mesin ini," ujar Ani kepada Kompas.com, Kamis (30/7/2020).

Dengan kehadiran alat tersebut, Ani yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk melakukan penggorengan kopi mentah secara manual, kini dapat menggunakan waktu lebih efisien.

Selain itu, tenaganya bisa digunakan untuk keperluan lain.

"Kemarin itu beli sekitar Rp 1 juta. Kini saya dapat melakukan pekerjaan lain saat alat ini bekerja menggoreng kopi," kata Ani.

Majid sendiri mengaku, merakit robot atau mesin penggoreng kopi tersebut awalnya dari bahan-bahan bekas yang ada di rumahnya.

Mulai dari rantai dan velg sepeda angin digunakan sebagai penggerak.

Kemudian peralatan tersebut dikombinasikan dengan kompor, tungku penggorengan, serta peralatan lain seperti dinamo kipas angin sebagai motor penggerak.

"Awalnya itu (barang bekas). Tapi kalau dipesan sama orang ya tidak, saya belikan barang (spare parts baru) dari toko," kata Majid.

Salah satu keunggulan dari alat buatan Majid adalah, hasil penggorengan atau sangrai kopi yang dinilai lebih matang dan merata.

Dengan begitu, cita rasa kopi yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan oleh para penggemar kopi.

"Enak, rasa kopinya cukup mantap di lidah," kata Dani, salah seorang pecinta kopi.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/31/15240491/pria-asal-gresik-ciptakan-robot-sangrai-mengolah-biji-kopi-menjadi-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke