Salin Artikel

Bantu Siswa Belajar Online, Desa Ini Pasang Internet Gratis di Pos Kamling

Pemerintah Desa Tanggulrejo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, menyediakan sejumlah fasilitas internet gratis di beberapa titik strategis.

Fasilitas itu dapat digunakan siswa di desa tersebut untuk belajar online.

Fasilitas internet itu dipasang di sejumlah pos kamling yang ada di 16 rukun tetangga (RT) dan balai desa.

"Semua dapat digunakan oleh warga secara gratis, bisa menyambung ke rumah warga atau bisa belajar di pos," ujar Kepala Desa Tanggulrejo Abdul Karim saat ditemui di kantor desa setempat, Kamis (30/7/2020).

Tak cuma pos kamling, internet gratis juga dipasang di tujuh institusi pendidikan yang ada di Desa Tanggulrejo. Seperti, pendidikan anak usia dini (PAUD), dan sekolah menengah atas (SMA).

"Awalnya ini kan ada program di desa kami berupa kampung net, dua tahun lalu. Nah titik-titik hotspot itulah, yang saat ini kami gunakan untuk akses internet gratis bagi warga yang masih sekolah untuk belajar secara online," kata dia.

Selain itu, pihak desa sudah mengimbau kepada para pemilik jaringan internet pribadi, untuk menolong siswa sekitar yang membutuhkan wifi untuk belajar online.

Sehingga total, terdapat 250 sambungan internet yang bisa digunakan di Desa Tanggulrejo.

"Orang di sini itu tidak susah mas, melihat ada yang membutuhkan pasti ditolong. Jadi warga yang punya akses internet memberikan password mereka kepada tetangga sekitar yang membutuhkan," kata salah seorang warga, Dani.


Sejumlah warung kopi yang memiliki akses internet juga memberikan jaringan wifi gratis kepada siswa yang ingin belajar online.

Pihak desa juga sudah siap memfasilitasi keperluan laptop dan ponsel bagi siswa yang membutuhkan guna memperlancar proses pembelajaran secara virtual.

"Senang. Karena di rumah enggak ada (akses) internet. Kadang belajar sendiri sama teman-teman, kadang juga ditemani ibu," kata Nela yang masih duduk di bangku kelas IV MI Roudhotul Tholibin Desa Tanggulrejo.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sempat meminta kepada kepala desa yang ada di Jawa Timur memberi solusi kepada para siswa, yang kesulitan melaksanakan proses pembelajaran secara daring lantaran terkendala akses internet.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/30/14270531/bantu-siswa-belajar-online-desa-ini-pasang-internet-gratis-di-pos-kamling

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke