Salin Artikel

Pemkab PPU Fasilitasi Pelajar, Santri, dan Mahasiswa Jalani Rapid Test Gratis

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU), menggelar rapid test gratis untuk pelajar, santri, dan mahasiswa, di enam puskesmas, Selasa (7/7/2020).

Enam puskesmas yang dimaksud adalah Puskesmas Penajam, Petung, Waru, Sebakung Jaya, Sotek, dan Sepaku I.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten PPU Arnold Wayong mengatakan, hal tersebut untuk membantu pelajar, santri, dan mahasiswa PPU yang hendak menempuh pendidikan di dalam atau luar daerah.

“Jika sekolah, pondok pesantren, atau universitas mewajibkan surat rapid test, kami siap fasilitasi,” kata Arnold, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Adapun syarat dan ketentuan yang harus disiapkan untuk mengikuti rapid test gratis adalah foto copy kartu pelajar, foto copy KTP atau KK, dan foto copy tiket pesawat atau kapal laut yang akan digunakan.

“Rapid test dilakukan maksimal 14 hari sebelum keberangkatan. Jika belum ada tiket pesawat atau kapal, bisa mengisi fomulir permohonan yang sudah disediakan Puskesmas,” kata Arnold.

Fasilitas rapid test gratis tersebut sejalan dengan Surat Edaran Menkes Nomor HK.02.01/MENKES/382/2020 tentang Protokol Pengawasan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri di Bandar Udara dan Pelabuhan Dalam Rangka Penerapan Kehidupan Masyarakat Produktif dan Aman Terhadap Covid-19.

Arnold pun berharap, pelaksanaan rapid test gratis dari pemerintah PPU memudahkan pelajar, santri, dan mahasiswa yang ingin melanjutkan atau memulai pendidikan.

“Sehingga beban masyarakat di tengah pendemi berkurang,” kata Arnold.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/09/10531091/pemkab-ppu-fasilitasi-pelajar-santri-dan-mahasiswa-jalani-rapid-test-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke