Salin Artikel

Cek Kesehatan Cegah Corona, 39 Napi Malah Diketahui Sakit-sakitan

Untuk yang alami sakit kulit berjumlah 13 orang dan selebihnya alami sakit kepala hingga demam.

Kepala Lembaga Permasyrakatan Kelas III Dabo Singkep Dewanto mengatakan, keluhan itu ditemukan setelah petugas Puskesmas Dabo Lama memeriksa kesehatan para napi itu di Lapas Dabo Singkep, Sabtu (13/6/2020) pagi lalu.

"Pengecekan kesehatan ini rutin kita lakukan setiap bulan, dan ditemukan keluhan yang didominasi oleh penyakit kulit atau gatal-gatal," kata Dewanto melalui telepon, Sabtu (13/6/2020).

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin wujud kepedulian Lapas Dabo Singkep terhadap hak kesehatan para napi atau warga binaan permasyarakatan selama menjalani masa hukuman. Juga sebagai bentuk antisipasi pencegahan Covid-19 di lingkungan Lapas Dabo Singkep.

"Dari total 39 napi penghuni Lapas Dabo Singkep, terdapat 13 napi yang mengeluh sakit kulit atau gatal-gatal, sementara yang lainnya sakit kepala ada 2 orang dan demam 3 orang," terang Dewanto.

Dewanto mengatakan, penyakit kulit yang dialami oleh sejumlah napi diduga karena kurang bersihnya air di dalam  lapas. Selain itu, tidak menutup kemungkinan pakaian yang mereka gunakan tidak bersih.

"Kemungkinan besar air yang digunakan kurang bersih atau pakaian yang digunakan oleh napi tidak benar-benar bersih dicuci," papar Dewanto.

Menurut Dewanto, terkait kebersihan ruang tahanan setiap hari dilakukan monitoring dan dibersihkan.

Hal tersebut dilakukan selain untuk kebersihan ruangan juga untuk pengecekan atau antisipasi barang-barang yang ada di dalam ruang tahanan.

Diketahui, pemeriksaan kesehatan yang berlangsung sejak pagi mengikuti prosedur protokol kesehatan meliputi pemeriksaan cek tensi, konsultasi dokter dan pemberian resep obat untuk napi yang mengeluhkan kesehatannya.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/14/15492961/cek-kesehatan-cegah-corona-39-napi-malah-diketahui-sakit-sakitan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke