Salin Artikel

BMKG Rilis Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jawa dan Arafuru

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan, fenomena gelombang tinggi ini diprediksi berlangsung mulai hari ini, Rabu (22/4/2020), hingga Jumat (24/4/2020).

"Fenomena ini terjadi karena ada pergerakan angin di perairan tersebut dengan kecepatan antara lima sampai 25 knot," kata Rendi melalui keterangan resmi.

Khusus di wilayah pesisir di Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta gelombang diperkirakan mencapai 4 meter sampai 6 meter.

Sedangkan di wilayah Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran tinggi gelombang 2 meter sampai 4 meter.

Rendi merinci, untuk perahu nelayan yang beroperasi di perairan dangkal, kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang bisa mencapai 1,25 meter.

Sedangkan kapal tongkang dan feri, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 2,5 meter.

“Untuk kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar, kecepatan angin dapat lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter,” ujar Rendi.

Melihat hal tersebut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) mengimbau masyarakat yang tinggal di area pesisir khususnya para nelayan untuk waspada.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/22/14203771/bmkg-rilis-peringatan-gelombang-tinggi-di-perairan-selatan-jawa-dan-arafuru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke