Salin Artikel

Hasil Rapid Test Covid-19 Reaktif, Tenaga Medis yang Sempat Rawat PDP Diisolasi

Dugaan itu berdasarkan rapid test yang menunjukkan hasil reaktif.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan, tenaga medis itu bertugas di salah satu Puskesmas di Banjarnegara.

"Bahwa telah dilakukan rapid test terhadap petugas kesehatan berinisial Z dari Wonosobo dan bekerja di salah satu puskesmas di Banjarnegara dengan hasil rapid test positif," kata Budhi melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (14/4/2020).

Budhi menjelaskan, tenaga kesehatan tersebut sebelumnya merawat seorang pasien dalam pengawasan (PDP) yang telah meninggal dunia.

"Saat ini petugas kesehatan yang positif sudah dilakukan isolasi mandiri dan selanjutnya dilakukan swab. Kemudian akan melakukan tracing kepada petugas kesehatan lain dan yang melakukan kontak erat," ujar Budhi.

Berkaitan dengan hal itu, Budhi meminta kepada para tenaga kesehatan di Banjarnegara agar tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Tenaga kesehatan wajib memperhatikan protokol kesehatan sesuai dengan yang telah ditetapkan.

"Kepada masyarakat tetap waspada, tapi jangan panik, gaya hidup sehat, jaga jarak, dan tetap di rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak," kata Budhi.


Catatan redaksi soal rapid test

Rapid test merupakan teknik pengetesan keberadaan antibodi terhadap serangan kuman di dalam tubuh.

Hasil rapid test tidak boleh dan tidak bisa digunakan secara mandiri untuk mengonfirmasi keberadaan atau ketiadaan infeksi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di dalam tubuh.

Untuk mengonfirmasi keberadaan virus corona secara akurat dalam tubuh seseorang harus dilakukan test swab dengan meteode PCR (polymerase chain reaction). Baca selanjutnya di sini.

Hasil tes dari rapid test adalah reaktif (ada reaksi terhadap keberadaan antibodi) atau non-reaktif (tidak ada reaksi terhadap keberadaan antibodi).

Jika Anda sempat membaca hasil rapid test adalah positif atau negatif, harus dimaknai sebagai positif atau negatif terhadap keberadaan antibodi dalam tubuh, bukan positif atau negatif terhadap keberadaan virus corona penyebab Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/14/14314711/hasil-rapid-test-covid-19-reaktif-tenaga-medis-yang-sempat-rawat-pdp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke