Salin Artikel

Antisipasi Virus Corona, Pemkab Banyumas Tambah Ruang Isolasi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas mengantisipasi virus corona dengan menyiapkan ruang isolasi cadangan di sejumlah rumah sakit.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, saat ini pihaknya telah menambah dua ruang isolasi di RSUD Banyumas dan Ajibarang.

"Sekarang ruang isolasi di Banyumas sudah banyak, RSUD Banyumas jadi empat, RSUD Ajibarang juga ada dua," kata Husein saat konferensi pers di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (16/3/2020).

Selain itu, pemkab juga akan menyiapkan ruang isolasi cadangan di gedung yang akan digunakan untuk Puskesmas 2 Pekuncen dan Rumah Sakit Mata.

Dengan demikian, terdapat masing-masing 11 ruang isolasi di Puskesmas Pekuncen 2 dan 10 ruang isolasi di Rumah Sakit Mata.

"Ini hanya untuk jaga-jaga. Pengalaman di China yang maaf meninggal itu karena antre (mendapat ruang isolasi). Ruang isolasi yang memenuhi standar ada enam, empat di RSUD Banyumas dan dua di RSUD Banyumas," jelas Husein.

Selain itu, sesuai instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terdapat penambahan rumah sakit rujukan yakni Rumah Sakit Wijayakusuma Purwokerto.

Sebelumnya, rumah sakit rujukan di Banyumas hanya RSUD Banyumas dan RSUD Margono Soekarjo.

"Kami juga kerjasama dengan rumah sakit swasta, ada Elisabeth, Wiradadi Husada, Ananda, Hermina, dan lain-lain yang besar untuk bisa menyiapkan ruang isolasi. Hari ini saya minta untuk menyiapkan," ujar Husein.

Husein mengatakan, saat ini sebanyak 202 warga Banyumas berstatus orang dalam pemantaun (ODP).

Sebanyak lima ODP sempat dirujuk ke RSUD Banyumas, dua di antaranya pasien dalam pengawasan (PDP), namun belakangan telah dinyatakan negatif corona.

"ODP hanya dipantau saja, ada yang sakit ringan, tapi tidak dirujuk ke rumah sakit, hanya rawat jalan. Puskesmas juga terus memantau, misalnya hari ini ada warga yang pulang dari Singapura atau negara-negara lain yang terjangkit," kata Husein.

https://regional.kompas.com/read/2020/03/16/17525371/antisipasi-virus-corona-pemkab-banyumas-tambah-ruang-isolasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke