Salin Artikel

Bupati Sleman: Semua Kegiatan Susur Sungai Dihentikan Sementara

KOMPAS.com - Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, untuk semua kegiatan susur sungai di musim penghujan dihentikan sementara.

Penghentian ini terkait insiden hanyutnya ratusan siswa SMPN 1 Turi saat melakukan kegiatan pramuka susur Sungai Sempor, pada Jumat (21/2/2020) sore.

"Semua dihentikan untuk kegiatan susur sungai, kemudian kami mengingatkan mereka yang sedang melakukan penambangan," katanya.

Atas peristiwa itu, kata Bupati, pihaknya akan segera melakukan evaluasi agar tak ada lagi kejadian serupa terulang kembali.

"Ini sebagai pelajaran yang sangat mahal bagi kita Kabupaten Sleman dan bagi masyarakat di mana pun berada. Mudah-mudahan jangan sampai terulang lagi," ujarnya.

Dikutip dari Antara, Ia mengatakan, penghentian ini sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Sampai kapan, ini belum ditentukan. Yang utama saat ini tidak boleh ada kegiatan di luar sekolah," katanya.

Sri juga mengharapkan agar musibah yang menimpa siswa-siswa SMPN 1 Turi ini menjadi pembelajaran bersama.

"Kami harapkan kejadian kemarin menjadi perhatian seluruh kepala sekolah," katanya.


Dalam peristiwa susur sungai itu mengakibatkan tujuh siswa SMPN 1 Turi meninggal setelah hanyut terbawa arus. Ketujuhnya sudah teridentifikasi.

"Semua korban meninggal dunia sudah teridentifikasi, dan telah diserahkan kepada pihak keluarga," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Sabtu (22/2/2020) dikutip dari Antara.

Ketujuh korban yakni, Sovie Aulia, dari Sumberejo, Tempel, Sleman, Arisma dari Ngentak Tepan Bangunkerto Turi, Sleman, Nur Azizah dari Kembangarum Donokerto, Turi, Sleman.

Kemudian, Latifa dari Kembang Arum Donokerto, Turi, Sleman, Khoirunisa dari Karanggawang Girikerto, Turi, Evita Putri Larasati, 7A Soprayan, Girikerto, Turi, dan Faneza Dida dari Girikerto,Turi, Sleman.

"Sedangkan siswa yang masih dalam pencarian ada tiga anak, yakni Yasinta Bunga, Zahra Imelda dan Nadine Fadilah," katanya.

(Penulis Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma | Editor Khairina)/Antara

https://regional.kompas.com/read/2020/02/22/11302621/bupati-sleman-semua-kegiatan-susur-sungai-dihentikan-sementara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke