Salin Artikel

Ahli yang Otopsi Balita Tanpa Kepala Pernah Tangani Bom Bali hingga Pesawat Jatuh di Rusia

Hastry merupakan Polwan pertama yang mendapat gelar doktor pada September 2016 di Universitas Airlangga, Surabaya. 

"Dr Hastry SpF, Polwan Ahli Forensik pertama di Asia akan lakukan otopsi pada balita Yusuf," seperti dirilis Polda Kaltim.

Hastry mendapat gelar doktor ahli forensik setelah meneliti variasi genetika lima populasi di Indonesia, Batak, Jawa, Dayak, Toraja dan Trunyan (Bali).

Sejumlah kasus besar pernah ditangani seperti Kasus bom Bali I dan II (2002 & 2005), bom Kedubes Australia (2004), JW Marriott Kuningan (2009), kecelakaan pesawat Sukhoi di Gunung Salak (2012), Malaysia Airlines MH-17 di Rusia (2014), hingga Air Asia QZ8501 yang jatuh di dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah (2015).

Dia pernah diundang ke Belanda untuk membantu proses identifikasi kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH17 di Ukraina beberapa waktu lalu.

“Awalnya saya memang dihubungi oleh salah satu anggota dari TRC PPA Kaltim sebagai perwakilan dari keluarga korban melalui DM Instagram. Ketika itu saya diminta apakah bersedia untuk membantu proses otopsi adek Yusuf, saat itu saya katakan jika ada perintah resmi tentunya saya akan bantu,” ungkap Hastry sebagai dimuat dalam rilis Polda Kaltim.

Komunikasi melalui DM Instagram itu berujung pada surat resmi.

“Saya pikir permintaan itu tidak serius tapi ternyata tiba-tiba saya terima perintah dari atasan untuk melakukan otopsi di sana,” ujarnya lagi.

Humas Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan dan Anak (TRC PPA) Kaltim, Ratnasari membenarkan pengakuan itu saat dikonfirmasi Kompas.com.

Ratna mengaku awalnya dia hanya ingin berkonsultasi dengan dokter forensik Hastry dengan mengirim kronologis dan beberapa foto jasad Yusuf melalui pesan singkat Instagram pada awal Februari 2020.

Pesan singkat tersebut ternyata direspons oleh Hastry. Saat itu, Ratna langsung memintakan nomor ponsel Hastry dan mengirim sejumlah dokumentasi jasad Yusuf.

Saat itu, Hastry meminta agar segera TRC PPA melayangkan surat resmi.

"Kami langsung kirim surat ke Mabes Polri dengan tembusan ke beberapa pihak termasuk Polda Kaltim, Polresta Samarinda hingga lainnya," terang dia.

Selang sepekan kemudian setelah surat masuk, Hastry mendapat surat tugas dari atasannya untuk mengotopsi jasad Yusuf Achmad Ghazali di Samarinda.

Hingga akhirnya, Hastry tiba di Samarinda Senin (17/2/2020) sore dan melakukan otopsi, Selasa (18/2/2020) pagi.

Hastry membawa potongan tulang leher Yusuf ke laboratorium forensik Mabes Polri untuk diidentifikasi lebih lanjut. Proses otopsi berjalan lancar kurang lebih dua jam sejak pukul 09.00 WITA hingga 11.00 WITA.

Diketahui, Yusuf hilang saat dititipkan di PAUD Jannatul Athfaal Jalan Wahab Syahranie, Jumat (22/11/2019).

Dua pekan kemudian, Minggu (8/12/2019) Yusuf ditemukan tewas tanpa kepala dan hilang beberapa organ tubuh dilokasi terpisah dalam parit sejauh empat kilometer dari titik hilang.

Banyak spekulasi menyebut Yusuf adalah korban kekerasan bahkan indikasi penjualan organ tubuh.

Namun, minimnya alat bukti menyulitkan polisi mengungkap kasus ini. Hingga kini penyebab kematian Yusuf belum terungkap.

Upaya otopsi ini bertujuan mengungkap penyebab dibalik kematian Yusuf.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/18/14340511/ahli-yang-otopsi-balita-tanpa-kepala-pernah-tangani-bom-bali-hingga-pesawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke