Salin Artikel

Polisi Terjunkan Tim Khusus "The Cops" Antisipasi Ancaman "Klitih"

The Cops nama timsus yang terbentuk di dalam Satuan Sabhara, diambil dari nama Corps Public Services. Prinsip kerja tim ini serupa unit reaksi cepat di berbagai kepolisian. 

PLH Wakapolres Kulon Progo, Komisaris Polisi Sudarmawan mengatakan, The Cops terbentuk pada 8 Januari 2020 lalu.

"Tugas utama umumnya polisi adalah preventif, tapi seiring tren kejahatan jalanan sekarang yang disebut-sebut sebagai klitih. Maka kita akan melakukan patroli dengan sasaran tempat rawan," kata Sudarmawan, Minggu (16/2/2020). 

Penampilan The Cops lebih menyolok dibanding polisi yang sering ditemui. Mereka berkendara motor trail, menggunakan helm taktikal hingga berjaket.

"Penampilan yang semakin membuat petugas lebih percaya diri dan performanya jadi tinggi," kata Sudarmawan. 


Gerak cepat tiap ada laporan warga

Tim terbagi dua regu yang bekerja 1x24 jam. Tidak cuma patroli, mereka juga bergerak setelah mendapat informasi warga, mulai soal laporan balap liar, pencurian kekerasan, soal tawuran,  hingga semua potensi mengganggu kamtibmas.   

Ketika patroli, mereka akan memeriksa pemuda yang tengah nongkrong dan berkumpul di jalanan, menyita senjata tajam, miras, hingga memeriksa kelengkapan kendaraan. 

"Mereka mengatasi kejadian awal setelah ada informasi kejahatan, misal ada informasi klitih,  mereka mendatangi TKP. Intinya semua kejadian yang memerlukan polisi dengan cepat," kata Sudarmawan. 

Sejak terbentuk, The Cops sudah pernah mengamankan pelaku curas hingga menangkap warga yang menyimpan psikotropika.

Tim melanjutkan aksinya semalam.  Beberapa lokasi anak nongkrong di cek, seperti Stadion Cangkir, taman di depan kantor Pemda, hingga underpass. 

"Dalam patroli semalam, kami mengamankan 5 kendaraan bermotor yang tidak memenuhi spek karena roda kecil, knalpot blombongan, spion tidak ada. Sebagian besar anak Purworejo. Mereka ditindak dan menerima karena menyadari kesalahan," kata Sudarmawan. 


Nomor WA dan hotline laporkan klitih

Aksi The Cops diharapkan membuat masyarakat Kulon Progo merasa semakin nyaman di tengah memanasnya isu klitih yang berkembang di berbagai kota di DIY.

Tidak hanya timsus, Polres Kulon Progo juga membuka saluran baru WhatsApp 081325248578 yang terhubung dengan The Cops. 

Dengan nomor itu, maka polisi akan merespon laporan warga khususnya yang terkait tindakan kriminal di jalan.

Selain WA, warga bisa melapor semua gangguan kamtibmas lewat sambungan telepon 110 dan aplikasi Alarm Warga (Alwa) untuk android. 

https://regional.kompas.com/read/2020/02/16/15584161/polisi-terjunkan-tim-khusus-the-cops-antisipasi-ancaman-klitih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke