Salin Artikel

Ini Robot Pencari Korban Bencana Alam Ciptaan Mahasiswa UNS, Apa Keunggulannya?

SOLO, KOMPAS.com - Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah menciptakan prototipe robot untuk mencari korban bencana alam.

Ketiganya merupakan mahasiswa Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Mereka antara lain, Nada Syadza Azizah, Syaifullah Filard Latifah dan Taufik Widyastama.

Menurut salah satu pencipta prototipe, Syaifullah, robot ini mereka namakan rescue Unmounted Ground Vehicle (UGV).

Adapun keunggulannya mampu menjangkau zona yang tidak terjangkau manusia. Misalnya, kawasan gunung berapi yang masih aktif, zona yang terkena kebakaran hutan dan zona yang terpapar radioaktif.

"Robot ini sudah dibuat sejak tiga bulan lalu. Pembuatan robot ini karena di Indonesia ini sering terjadi bencana alam dan sewaktu-waktu bisa datang," kata Syaifullah di Solo, Jawa Tengah, Selasa (14/1/2020).

Menurut dia, setiap ada bencana alam yang terjadi masih banyak korban yang tidak bisa dievakuasi karena kondisi medan yang sulit dijangkau manusia.

"Kami kadang terkendala untuk mendeteksi keberadaan korban bencana. Makanya, kami mencoba menciptakan prototipe robot ini,” ujar Syaifullah.

Robot ini masih akan terus dikembangkan agar semakin canggih saat mendeteksi korban bencana.

Robot ini juga akan dilengkapi dengan kamera dan infra merah dengan tujuan untuk mendeteksi suhu tubuh.

"Jadi, dengan kamera dan infra merah robot ini bisa mengetahui apakah itu manusia apa bukan dan masih hidup atau sudah meninggal," tambah Taufik Widyastama.

Robot pencari korban bencana saat ini masih memakai Wifi telepon genggam atau router karena dikendalikan dengan jaringan internet.

"Robot ini nantinya akan kita desain lebih panjang supaya lebih stabil ketika melintasi medan sulit ketika terjadi bencana alam," terang Taufik.

https://regional.kompas.com/read/2020/01/14/12162991/ini-robot-pencari-korban-bencana-alam-ciptaan-mahasiswa-uns-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke