Salin Artikel

Sumur Warga Semburkan Gas, BPBD Pasang Pipa hingga "Banner" Larangan Merokok

Mulai dari perangkat desa, camat, hingga pihak-pihak terkait yang ada di lingkup Pemkab Lamongan langsung turun meninjau ke lokasi.

Tidak ketinggalan, jajaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan.

"Usai ada kabar adanya sumur bor warga yang mengeluarkan semburan lumpur disertai gas, kami langsung meninjau lokasi," ujar Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan, Muslimin, saat ditemui di lokasi, Kamis (28/11/2019).

"Sudah sejak tadi malam kami di sini, bersama aparat kepolisian dan Koramil." 

Menurut Muslimin, pihaknya perlu meninjau untuk melihat kemungkinan yang bakal terjadi, apakah cukup membahayakan bagi pemilik rumah dan warga sekitar.

"Sekaligus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, baik dari tingkat desa maupun kecamatan dan juga pihak keamanan," lanjut dia.

Hanya saja, bau gas yang keluar masih tercium, yang kemudian membuat dirinya bersama dengan pemangku kebijakan lain akhirnya mengambil beberapa keputusan.

"Kami kemudian memasang pipa berukuran 4 dim (diameter 4 inci) yang kami arahkan ke atas," ucap dia. 

"Pemasangan pipa sepanjang 4 meter ke arah atas ini kami maksudkan, supaya bila memang gas itu berbahaya maka akan terhindar dari warga sekitar, karena arahnya ke atas." 

Selain itu, di tembok luar rumah pasangan Puri dan Sika juga ditempel banner himbauan, agar masyarakat yang melihat adanya semburan tersebut tidak merokok atau menyalakan api di dekat lokasi.

"Sebab tadi malam saya sudah sempat coba, menyalakan api di ujung pipa yang kami pasang dengan jarak sekitar 7-8 meter dari lokasi, dan memang menyala," katanya.

"Jadi kesimpulannya, udara yang keluar dari sumur ini memiliki potensi kandungan gas yang mudah terbakar," pungkasnya.

Sementara itu, sejak tadi malam hingga Kamis sore, lokasi kejadian tampak dijaga oleh aparat keamanan secara bergantian bersama dengan pihak desa setempat.

Dengan lokasi di sekeliling area sumur, juga sudah dipasang garis polisi.

https://regional.kompas.com/read/2019/11/29/07234691/sumur-warga-semburkan-gas-bpbd-pasang-pipa-hingga-banner-larangan-merokok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke