Salin Artikel

Polres Sleman Turunkan 300 Personel Amankan Aksi #GejayanMemanggil 2

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Polres Sleman kerahkan 300 personel untuk mengamankan jalanya aksi damai #GejayanMemanggil 2.

Aksi mahasiswa dan masyarakat sipil yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Bergerak ini digelar di Simpang Tiga Kolombo.

"Total ada 300 personel. Itu gabungan Polres Sleman dengan polsek-polsek," ujar Kapolres Sleman, AKBP Rizky Ferdiansyah saat di temui di Simpang Tiga Kolombo, Jalan Gejayan, Senin (30/9/2019).

Rizky menyampaikan, dari informasi yang didapatnya, aksi damai #GejayanMemanggil 2 diikuti oleh ribuan orang. Ada dua titik kumpul dalam aksi ini.

Titik kumpul massa ada di depan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

"Informasi yang saya terima sampai ini 3.000-an, ini massa sudah mulai berjalan ada yang dari UGM, ada yang dari mulai berjalan UIN," ujarnya.

Disampaikannya, polisi juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Rekayasa lalu lintas ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan.

"Rekayasa jalan kita siapkan supaya kegiatan berjalan, masyarakat juga tidak terganggu. Nanti kita lihat kalau jumlah massanya membutuhkan parameter yang lebih luas, kita akan lebih luas lagi merekayasanya," urainya.

Dijelaskanya, sesuai dengan izin yang diajukan, aksi damai akan dimulai pada pukul 11.00 WIB. Aksi damai di Simpang Tiga Kolombo akan berakhir pada pukul 17.00 WIB.

Pada prinsipnya, lanjutnya, teman-teman mahasiswa hanya menyampaikan aspirasinya. Ia juga yakin, mahasiswa sebagai kaum terpelajar dan intelektual tidak akan melakukan hal-hal diluar kendali.

"Oleh karena itu, tugas kita hanya mengamankan saja, memang kita hindari untuk represif, karena dari awal mereka juga hanya menyampaikan aspirasi. Menyampaikan aspirasi, kita represif kan kontraproduktif," ujarnya.

Dari pengamatan Kompas.com, massa aksi sudah mulai tiba di Simpang Tiga Gejayan. Akses jalan yang menuju Simpang Tiga Kolombo baik dari selatan, barat, maupun utara ditutup untuk kendaraan bermotor. 

https://regional.kompas.com/read/2019/09/30/14165321/polres-sleman-turunkan-300-personel-amankan-aksi-gejayanmemanggil-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke