Salin Artikel

Ini Pesan Ridwan Kamil untuk Calon Rektor Unpad dan ITB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pesan khusus bagi para calon rektor dua perguruan tinggi itu.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, pimpinan perguruan tinggi saat ini punya tantangan yang lebih besar lantaran tak bisa hanya fokus dalam persoalan manejerial.

"Kita menyaksikan pemilihan rektor Unpad begitu berdinamika sampai berjilid-jilid. Saya berharap ini yang terakhir," ucap Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (23/9/2019).

Khusus untuk proses pemilihan rektor Unpad, Emil berharap rektor terpilih bisa membawa Unpad sebagai universitas riset entrepreneur terbaik, membantu ragam program nasional, serta membantu pemerintah dalam isu-isu deradikalisasi.

"Ketiga bisa diterima karena ternyata dalam perjalanan tidak semua bisa diterima. Jadi akseptabilitas menjadi penting. Dan saya punya satu suara juga sebagai anggota MWA di Unpad. Mudah-mudahan diwaktunya bisa terpilih kalau tidak salah sudah lima besar," tutur Emil.


"Itu kriterianya, gender enggak masalah. Mau perempuan laki-laki kan dari daftar lima besar ada keterwakilan yang hampir fifty-fifty," kata Emil melanjutkan.

Hal serupa, kata Emil, berlaku untuk pemilihan rektor ITB. Ia berharap proses pemilihan bisa berlangsung cepat tanpa ada dinamika berkepanjangan.

"Saya harapkan bisa lebih cepat lebih singset dan kalau bisa mufakat lebih baik. Pesannya sama saja, hanya bedanya ITB fokus pada teknologi dan target terbesarnya menaikkan ranking kalau tidak salah Asia atau di mana harus ke ranking 200," ujar dia. 

https://regional.kompas.com/read/2019/09/23/14203441/ini-pesan-ridwan-kamil-untuk-calon-rektor-unpad-dan-itb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke