Salin Artikel

Kemeriahan Agustusan, Mulai dari Berbagai Lomba hingga Makan Bersama

Tepat di tanggal tersebut, sebagai bangsa, kita mensyukuri nikmat kemerdekaan Indonesia yang pada tahun ini menginjak usia 74 tahun.

Beragam kegiatan dilakukan oleh warga di Tanah Air untuk menyambut dan mengisi hari kemerdekaan itu, mulai dari upacara, karnaval, hingga tentu saja, beraneka perlombaan.

Begitu pula yang dilakukan oleh warga di Kompleks Perumahan Hegar Asri Residence, kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Warga di perumahan tersebut untuk kali pertama, seiring dengan semakin banyaknya jumlah penghuni rumah, mengadakan berbagai perlombaan, khususnya untuk anak-anak.

Sekitar pukul 08.00 WIB pagi, tim panitia mulai mempersiapkan peralatan untuk berbagai perlombaan, yakni lomba memasukkan paku ke dalam botol, balap kelereng memakai sendok, makan kerupuk, menangkap belut, hingga joget balon.

Antusiasme anak-anak pun sangat baik. Saat panitia tengah mempersiapkan perlombaan, terlihat mereka sudah tak sabar untuk segera mengikuti lomba.

Uniknya, panitia pun telah mempersiapkan sarapan, yang terdiri dari roti dan susu, bagi anak-anak sebelum mengikuti perlombaan.

"Ya, ini sarapan untuk anak-anak yang akan mengikuti lomba, biar perutnya enggak kosong," kata salah satu panitia, Candra Agustin, Sabtu (17/8/2019).

"Anak-anak, ini buat sarapan. Kalau belum sarapan, dimakan dulu. Kalau ada yang udah sarapan, enggak apa-apa, dibawa dan disimpan aja," ujarnya, saat membagikan sarapan.

Seusai anak-anak menyantap sarapan dan peralatan telah siap, perlombaan pun dimulai.

"Ya, untuk lomba pertama, lomba memasukkan paku ke dalam botol. Start mulai dari garis ini, dan jangan ada yang menggunakan tangan," kata panitia lainnya, Candrawan.

Anak-anak pun berlomba. Terlihat mereka semangat dan antusias untuk berkompetisi.

Usai lomba memasukkan paku ke dalam botol, acara berlanjut ke lomba balap kelereng, makan kerupuk, dan menangkap belut, yang tak kalah ramai.

"Senang ikut lomba, rame," ujar anak-anak yang mengikuti lomba, Maura dan Nafisah.

"Seru, senang bisa dapat juara 3," kata peserta lainnya, Carissa.

"Enggak takut pegang belut, senang," ujar Raiya.

Sekitar pukul 12.00 WIB, acara perlombaan pun usai. Tak lupa, panitia pun membagikan hadiah untuk para pemenang.

"Ya, ini kali pertama ada Agustusan di sini, segini alhamdulillah bisa meriah dan selesai dengan lancar," ujar salah satu panitia, Adi.

Namun, acara Agustusan tak hanya untuk anak-anak. Malam harinya, warga, khususnya para bapak, mengisinya dengan kegiatan main catur dan tenis meja.

"Lumayan olahraga dan keringatan," kata Gun Gun, salah satu warga.

"Main catur, ngopi, silaturahmi," ujar Helmi Bustomi.

Tak jauh dari perumahan tersebut, tepatnya di Jalan Adipati Agung Dalam, Baleendah, Kabupaten Bandung, juga ada acara Agustusan.

Saat Kompas.com datang ke daerah tersebut pada Sabtu (17/8/2019) sore, sedang berlangsung lomba pecah air. Seru, ramai, dan meriah.

Terdengar dukungan dari warga yang melihat saat lomba itu dilangsungkan.

"Ayo Alvin... ayo Iki... terus sundul," terdengar teriakan dari warga.

"Ya, ini untuk memeriahkan dan mengisi Agustusan, khususnya anak-anak, biar mereka semangat dan senang," ujar Agus, panitia lomba.

Ditutup dengan makan bersama

Tak hanya perlombaan, warga pun menutup rangkaian Agustusan dengan acara makan bersama, utamanya untuk para bapak, saat malam harinya.

Pembagian tugas untuk menyiapkan makanan pun dibagi-bagi kepada warga. Ada yang kebagian memasak nasi, ikan asin, goreng tempe dan tahu, tak lupa sambal.

"Kebagian buat nasi putih, sama nyiapin air teh panas," kata Garnis, salah satu ibu yang menyiapkan makanan.

"Ini juga mau hidangin minuman sari kelapa untuk penutup atau cuci mulut," ujarnya.

Sekitar pukul 20.00 WIB malam, warga pun mulai menyantap hidangan makan bersama.

"Ya, ini acara rutin kita bersama warga. Hidangan-hidangan ini pun semuanya merupakan sumbangan dari warga. Semoga bisa memupuk rasa kekeluargaan warga," ujar Saleh, bendahara RT 06/17.

Nikmat dan hangat... Begitulah momen Agustusan, tak hanya kemeriahan dan sukacita, di dalamnya ada kerukunan, silaturahmi, guyub warga, dan tentu saja, kehangatan.

Dirgahayu ke-74 Republik Indonesia, semoga semakin berjaya dan maju... Merdeka!

https://regional.kompas.com/read/2019/08/18/13543011/kemeriahan-agustusan-mulai-dari-berbagai-lomba-hingga-makan-bersama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke