Salin Artikel

Viral Penumpang Kereta Lokal Merak Marah Saat Diperiksa Tiket, Ini Penjelasan KAI

LEBAK, KOMPAS.com - Seorang penumpang perempuan marah-marah saat petugas melakukan pengecekan tiket kereta. Video peristiwa tersebut viral tersebar di sejumlah media sosial seperti Facebook dan Instagram. 

Video diketahui pertama kali diunggah oleh akun Instagram @bamgunawan1234 pada Rabu (17/7/2019).

Dalam keterangannya, disebutkan jika peristiwa itu terjadi di kereta lokal rute Rangkasbitung-Merak. 

Pengunggah video juga menyebut awal mula marahnya penumpang tersebut lantaran tiketnya sudah tidak terbaca, namun tidak terima saat petugas akan memverifikasi tiket tersebut. 

Dalam video, terdapat cuplikan seorang perempuan yang marah-marah kepada petugas berseragam putih. Kepada petugas tersebut, sang perempuan meminta tiket dengan nada tinggi.

"Pagi-pagi saya ngantri, ya udah sini tiket saya," kata perempuan tersebut.

Sementara petugas mengatakan tiket tersebut akan dikonfirmasi terlebih dahulu.

"Mau dikonfirmasi dulu tiketnya," kata petugas berseragam putih. 

Terdapat tiga slide video yang diunggah. Di slide kedua dan ketiga perempuan berbaju batik tersebut berteriak dengan mengungkapkan kata-kata yang tidak pantas kepada petugas. 

Senior Manager Humas DAOP 1 Jakarta, Eva Chairunisa membenarkan peristiwa di video tersebut. Kata dia, peristiwa terjadi pada Rabu (17/7/2019) sekitar pukul 09.15 WIB di KA 464 relasi Rangkasbitung-Merak.

Kata Eva, kejadian berawal saat petugas melakukan pemeriksaan tiket penumpang sesuai prosedur. Hingga kemudian mendapati penumpang yang memiliki tiket dimana secara fisik tidak terbaca dan meragukan.

"Atas kondisi tersebut petugas bertanya baik-baik apakah yang bersangkutan memiliki tiket lain karena tiket tersebut secara fisik sudah tidak baik. Namun pada proses tersebut penumpang justru menanggapi dengan emosi," kata Eva dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Rabu (17/7/2019).

Eva mengatakan petugas lantas meminta waktu untuk melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan belum diketahui apakah tiket tersebut baru atau tiket lama lantaran sudah luntur dan tidak terbaca jelas.

"Petugas meminta waktu untuk melakukan pemeriksaan lanjutan dan bertepatan kereta tersebut tiba di Stasiun Serang, penumpang langsung turun," kata dia.

Eva menyayangkan reaksi dari penumpang saat diperiksa tiketnya. Dia mengimbau kepada seluruh jasa agar dapat mengikuti aturan yang berlaku dimana proses pemeriksaan tiket sudah sesuai SOP.  

https://regional.kompas.com/read/2019/07/17/18043931/viral-penumpang-kereta-lokal-merak-marah-saat-diperiksa-tiket-ini-penjelasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke