Salin Artikel

5 Fakta Satia Bocah Asal Karawang dengan Berat Badan 97 Kg, Makan 6 Kali Sehari, Berharap Dijenguk Bupati

KOMPAS.com – Satia Putra, bocah berusia tujuh tahun yang tinggal bersama orangtuanya di warung pinggiran Pantai Tanjungbaru, Kampung Cilempung, Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, memiliki berat badan 97 kilogram.

Anak pasangan dari Sarli dan Komariah memiliki berat badan 97 kilogram setelah disunat pada usia tiga tahun, sejak itu, nafsu makan Satia pun menjadi meningkat.

Berikut fakta-fakta Satia bocah tujun tahun yang mempunyai berat badan 97 kilogram: 

Setiap hari, Satia makan enam hingga tujuh kali. Itu termasuk ngemil, seperti bakso. Malam sebelum tidur, Satia juga kerap merengek meminta makan. Tiap kali makan, porsi makannya pun banyak, tak seperti anak-anak pada umunya.

"Kalau bangun, misalnya jam 12 malam dia (Satia) juga sering minta makan. Kalau gak dikasih marah-marah," tambah Sarli.

Tiap kali makan, bocah yang tahun ini bakal memasuki sekolah dasar itu harus ada lauk, misalnya ikan atau telur.

"Kalau tidak ada lauk, dia rewel," katanya.

 

Akibat obesitas yang dideritanya, Satia tidak bisa tidur terlentang. Ia tidur dengan cara duduk, kemudian punggungnya diganjal dengan bantal.

"Dia sering merengek nggak bisa tidur," ungkap Sarli.

Sarli dan istri mengaku kerap bingung melihat keadaan anak bungsunya itu. Di satu sisi, ia mengaku tak bisa berbuat banyak. Warung miliknya hanya ramai saat akhir pekan dan hari libur nasional.

"Saya sedih lihatnya, kasihan," katanya.

 

Tahun ini, Satia bakal masuk sekolah dasar. Namun orangtuanya mengaku kesulitan mencari seragam untuk anak seukuran Satya.

Sarli dan istrinya sudah mendatangi beberapa toko seragam. Namun belum ada yang cocok.

"Harus pesan khusus di penjahit," kata Sarli.

 

Sarli (60), ayah Satia, berharap pemerintah membantu putranya agar seperti anak-anak di usianya. Sebab, hingga kini petugas kesehatan datang hanya sebatas mengecek. Janji untuk berobat ke kota tak kunjung terealisasi.

"Sekitar tiga kali datang, tapi belum juga ada solusi," katanya.

Sarli menyebut, berat badan Satia naik setelah disunat saat berumur tiga tahun. Kian hari, nafsu makan bocah itu kian naik.

"Terakhir ditimbang sekitar 97 kilogram," kata Sarli.

 

Komariah berharap, dengan kedatangan bupati, Satia akan termotivasi. Ia juga ingin bupati memberikan bimbingan dan uluran tangan agar ia bisa mengobati putra bungsunya itu.

"Kami berharap Bupati Cellica (Bupati Karawang) menengok Satia," kata Komariah, ibu Satia kepada Kompas.com, Senin (1/7/2019).

Sumber KOMPAS.com (Farida)

https://regional.kompas.com/read/2019/07/02/14250221/5-fakta-satia-bocah-asal-karawang-dengan-berat-badan-97-kg-makan-6-kali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke