Salin Artikel

Penyandang Disabilitas Enggan Memilih Caleg yang Tidak Dikenalnya

KOMPAS.com - Jelang Pilpres 2019 yang dihelat pada 17 April 2019, para penyandang disabilitas mengaku masih kesulitan mengenal para calon anggota legislatif (caleg) yang mencalonkan diri dalam Pemilu 2019.

Hal ini disampaikan oleh salah satu penyandang disabilitas, Sugiyanur yang juga ikut serta dalam sosialisasi demokrasi yang dilaksanakan di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Solo pada Rabu (3/4/2019).

"Kalau surat suara DPR RI itu kan saya enggak kenal semua, kita tahunya dari mana visi-misinya? Kalau enggak, ya engga nyoblos," ujar Sugiyanur.

Menanggapi hal itu, anggota KPU Solo, Puji Kusmarti menjelaskan bahwa KPU tidak bertanggung jawab terhadap penyampaian visi-misi caleg yang terdaftar dalam surat suara.

"Kalau kampanye itu PR-nya caleg-caleg yang harusnya mengampanyekan. Apakah dari caleg-caleg tersebut ada yang respect ke temen-temen penyandang disabilitas atau tidak," ujar Puji.

Namun, Puji juga sangat menyesalkan jika ada penyandang disabilitas yang memilih tidak mencoblos dengan alasan tidak mengetahui visi-misi kandidat.

Tak hanya itu, salah satu relawan demokrasi basis difabel, Mardina, juga turut menanggapi pertanyaan Sugiyanur.

"Kalau Anda belum memahami visi-misi caleg ini, Anda bisa mencoblos partai yang dipercaya saja," ujar Mardina.

Sementara itu, Sugiyanur berpendapat bahwa biasanya ia memilih partai yang ada kenalan atau temannya sendiri.

Hal itu pun kemudian disetujui oleh para penyandang disabilitas lainnya. Mereka memang cenderung memilih partai dengan adanya kenalan.

Selain membicarakan mengenai caleg dan partai, relawan demokrasi juga memberikan panduan mengenai tata cara agar hak suara sah dalam Pilpres 2019.

Dari lima surat suara, yakni Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPR Provinsi, DPR Kabupaten/Kota, DPD.

Perlu diketahui, surat suara untuk pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan DPD tersedia surat suara Braille yang terbuat dari kertas karton tebal agar memudahkan penyandang disabilitas memilih.

https://regional.kompas.com/read/2019/04/04/19265121/penyandang-disabilitas-enggan-memilih-caleg-yang-tidak-dikenalnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke