Salin Artikel

Sehari Setelah Pegawai Mogok, Pelayanan RSUD Kota Bima Kembali Normal

Hal itu ditandai dengan dibukanya loket pelayanan untuk pasien yang datang berkonsultasi dan berobat sejak Selasa (12/3/2019) pagi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, halaman rumah sakit yang sehari sebelumnya tampak sepi kini berangsur ramai dikunjungi pasien. Beberapa ruang poli yang sebelumnya sempat ditutup sudah kembali beroperasi.

Direktur RSUD Kota Bima, dr Nasir membenarkan, pelayanan hari ini sudah kembali seperti semula. Bahkan sejumlah pegawai yang sempat mogok pun sudah kembali bertugas.

"Alhamdulillah, hari ini pelayanan sudah aktif kembali. Semua pegawai terutama yang ASN sudah hadir kembali. Insya Allah pelayanan sudah bisa berjalan seperti biasa," kata Dr Nasir.

Sebelumnya, para pegawai RSUD Kota Bima melakukan aksi mogok kerja, Senin (11/3/2019) lantaran uang jasa pelayanan menunggak tiga bulan.

Tunggakan jaspel ini terhitung sejak Desember 2018 hingga Februari 2019. Tunggakan itu untuk klaim pasien BPJS dan pasien umum. Namun pihak rumah sakit enggan menyebutkan berapa jumlah tunggakan tersebut.

Menurut Direktur Rumah Sakit dr Nasir, keterlambatan pembayaran jasa pelayanan bagi para pegawai rumah sakit ini karena kondisi keuangan BPJS di pusat mengalami defisit.

Namun, dia berujar, keterlambatan ini adalah masalah nasional.

“Dan, ini masalahnya sudah menjadi masalah nasional. Hampir semua daerah mengalami hal itu," tuturnya.

Untuk mengatasi agar aksi mogok tidak berlanjut, kini pihak rumah sakit dan pemerintah akan melunasi uang jasa medis dengan memanfaatkan dana pengembalian pajak rumah sakit.

Namun, khusus untuk satu bulan di 2018, realisasi pembayaranya baru akan dilakukan setelah anggaran perubahan 2019. Sedangkan jaspel dua bulan terakhir, manajemen RSUD akan membayarnya dalam waktu dekat.

"Untuk Desember 2018, palingan Oktober kita ajukan di APBD Perubahan. Kalau yang Januari dan Februari 2019 tidak ada masalah, bahkan mekanisme proses pencairannya dipercepat pasca-mogok," ujar Nasir.

Dia menjelaskan, realisasi uang jaspel itu berdasarkan peraturan wali kota. Uang jasa ini disalurkan mulai dari dokter hingga pembantu.

https://regional.kompas.com/read/2019/03/12/20001001/sehari-setelah-pegawai-mogok-pelayanan-rsud-kota-bima-kembali-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke