Salin Artikel

Pemerintah Keluarkan Kartu Pembelian Elpiji 3 Kg bagi Keluarga Miskin

GORONTALO, KOMPAS.com — Penjualan elpiji di Gorontalo akan ditertibkan seiring banyaknya keluhan masyarakat yang mengatakan sulit mendapatkan bahan bakar ini.

Elpiji yang akan ditertibkan adalah jenis melon ukuran 3 kilogram. Barang ini selalu hilang dari pasaran. Sering kali masyarakat, terutama kaum ibu, mengeluhkan ketersediaan elpiji ini.

“Susah dicari, di mana-mana habis. Kami harap pemerintah bisa menyediakan,” kata Nining Supo, warga Kota Gorontalo, Jumat (18/1/2019).

Untuk mengatasi hilangnya elpiji ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah bersepakat dengan pihat terkait untuk membuat aturan penjualannya.

“Kami sudah bersepakat dengan para pihak untuk menertibkan penjualan elpiji agar tidak meresahkan masyarakat,” kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Jumat (18/1/2019).

Para pihak yang dimaksud ini adalah perwakilan Stasiun Pengisian Bahan bakar umum (SPBU), Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas), dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Gorontalo di Ruang Huyula Kantor Gubernur Gorontalo beberapa hari lalu.

Penertiban ini dilakukan dengan cara menggunakan kartu pembelian gas yang hanya diberikan kepada keluarga yang kurang mampu.

Sebab, elpiji 3 kilogram ini menggunakan subsidi pemerintah yang diproduksi untuk keluarga kurang mampu.

“Kami gunakan data terpadu kemiskinan, yang bisa memperoleh kartu distribusi elpiji 3 kilogram benar-benar hanya mereka warga kurang mampu,” kata Idris Rahim.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/18/13215251/pemerintah-keluarkan-kartu-pembelian-elpiji-3-kg-bagi-keluarga-miskin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke