Salin Artikel

4 Bulan Jabat Gubernur, Ridwan Kamil Buat 13 Desain Pengembangan Jabar

Mantan Wali Kota Bandung ini dikenal sebagai pemimpin yang aktif di media sosial dan memiliki latar belakang sebagai seorang arsitek.

Dalam memimpin Jawa Barat, Ridwan Kamil pun menunjukkan kemampuannya sebagai arsitek.

Selama empat bulan kepemimpinannya, Ridwan Kamil telah menyuguhkan sejumlah desain pengembangan Jawa Barat di berbagai wilayah kabupaten/ kota.

Diambil dari akun Instagram-nya @ridwankamil, terdapat berbagai desain pembangunan dan pengembangan wilayah-wilayah di Jawa Barat.

Berikut paparannya:

Rencana revitalisasi kali buatan yang digunakan untuk mengalirkan air dari Waduk Jatiluhur Purwakarta untuk warga DKI Jakarta ini merupakan rencana pertama yang diunggah oleh Ridwan Kamil di Instagram, yaitu pada 28 September 2018.

"Warga Kota Bekasi tercinta, minggu depan sudah dimulai desain dan perencanaan revitalisasi Kalimalang. Semoga bisa sekeren Sungai Cheyonggyecheon di Seoul. Dikawal warga teladan kang @kangmalik_. Hatur Nuhun #JABARJUARA," tulisnya.

Terdapat empat zona yang direncanakan akan direvitalisasi. Nantinya, Kalimalang akan ditata sedemikian rupa sehingga nyaman dijadikan sebagai ruang publik.

Rencananya, pembangunan akan dimulai di awal tahun ini dengan menggunakan dana APBN jatah Kementerian PUPR dan APBD Jawa Barat sebesar Rp 40 miliar-50 miliar.

2. Inovasi Kanal Cikarang

Selanjutnya, Ridwan Kamil menyebut akan melakukan Inovasi Kanal Cikarang atau Inland Waterway Cikarang Bekasi Laut, untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di Tol Bekasi-Jakarta.

Dalam unggahannya di Instagram pada 28 September 2018, Ridwan Kamil menyebut masih mengkaji pemanfaatan kanal untuk angkutan penumpang manusia menuju Jakarta.

3. Danau Gedebage

Sebuah danau buatan di kawasan Gedebage, Bandung, akan dikebut pengerjaannya. Memiliki kedalaman 6 meter, danau ini akan difungsikan sebagai pengendali banjir sekaligus sumber air minum bagi warga di kawasan sekitarnya. 

Desain pembangunan danau diunggah Ridwan Kamil pada 3 Oktober 2018, dalam keterangannya Ridwan Kamil menyebut pembangunan masih dalam proses konstruksi. 

4. Masjid Raya Jawa Barat

Masih di lokasi yang sama, di atas Danau Gedebage yang memiliki luas 10 hektar itu nantinya akan dibangun sebuah masjid apung.

Masjid itu rencananya akan menjadi Masjid Raya Jawa Barat, mengingat selama ini Jawa Barat tidak memiliki masjid agung dan menumpang nama kepada Masjid Raya Kota Bandung.

Rencana pembangunan ini sudah ada semenjak masa pemerintahan gubernur lama di tahun 2016, dan akan diselesaikan di masa kepemimpinan Ridwan Kamil.

Mengangkat konsep "Matematika Aljabar", masjid ini akan menjadi pengingat masa kejayaan Islam di zaman dahulu dalam bidang ilmu hitung, matematika.

Terletak di atas danau, otomatis masjid ini nantinya akan dikelilingi oleh Danau Gedebage yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

5. Penataan Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran yang selama ini menjadi ikon wisata pantai Jawa Barat disebut Ridwan Kamil akan ditata ulang menjadi wisata kelas dunia sehingga lebih rapi dan nyaman.

Dari keterangan foto yang diunggah di Instagram-nya, rencananya sepanjang garis pantai timur dan pantai barat akan diberi jalur pejalan kaki yang rindang dan nyaman. 

Selain itu, akan dibangun Pusat Budaya Sunda seperti di Ubud Bali.

Setelah kawasan pantai di Pangandaran, pantai-pantai di Garut Selatan, Sukabumi Selatan, akan menjadi target penataan selanjutnya.

6. Kawasan Ekonomi Khusus Pangandaran

Masih di kawasan yang sama, akan dibangun sebuah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau  Special Economic Zone.

Rapat untuk membahas rencana pembangunan KEK ini sudah dilaksanakan pada 28 November 2018 bersama Menteri Pariwisata dan Bupati Pangandaran.

Rencananya, jika berjalan lancar, Maret atau April tahun ini sudah bisa ditetapkan sebagai KEK Pariwisata Nasional.

Menurut Ridwan Kamil, jika hal itu tercapai maka percepatan pertumbuhan dan pembangunan infrastruktur akan tumbuh dua-tiga kali lebih cepat dari biasanya.

7. Situs Gunung Padang

Selain di ranah wisata dan religi, Ridwan Kamil juga berencana akan menata Situs Megalitikum Gunung Padang yang terletak di Kabupaten Cianjur.

Lokasi ini akan ditata dan dikonservasi secara profesional oleh Pemprov Jabar agar terjaga kelestariannya.

Situs ini menjadi bukti tingginya peradaban Sunda Kuno di masa lalu yang harus dilestarikan secara baik. 

Ridwan Kamil berharap situs ini akan menjadi destinasi sejarah yang tertata secara maksimal seperti kawasan Candi Borobudur.

8. Subang Creative Center

Kabar bahagia bagi kawula muda dan kreatif di Kabupaten Subang, karena Pemprov Jawa Barat akan bangun pusat kesenian bernama Subang Creative Center.

Tempat ini nantinya bisa dimanfatkan sebagai sarana bagi para pemuda Subang untuk berkarya dan berkreasi.

Diharapkan dengan begitu, para pemuda dapat lebih maju dan produktif dalam melewatkan masa mudanya.

9. Danau Ciburuy

Adapula rencana penataan Situ atau Danau Ciburuy di Padalarang. Proses konstruksi akan dimulai pada awal 2019. Hal itu disampaikan oleh Ridwan Kamil pada unggahannya tanggal 30 Desember 2018 lalu.

Danau Ciburuy ini merupakan latar tempat yang ada dalam lagu tradisional Jawa Barat, Bubuy Bulan.

Konstruksi ini merupakan bagian dari mewujudkan 40 program destinasi strategis pariwisata Jawa Barat.

10. Alun-alun Jatibarang Indramayu

Alun-alun Jatibarang yang ada di Kabupaten Indramayu juga tak luput dari perhatian Ridwan Kamil.

Melalui unggahannya pada 4 Januari lalu, ia menyampaikan rencananya untuk menata ulang alun-alun ini menggunakan konsep Arcade Square, yakni sebuah kompleks perbelanjaan di Colombo, Sri Lanka.

Dalam bidang kebudayaan, Ridwan Kamil juga berencana akan membangun pusat-pusat kebudayaan Sunda di lima titik, yakni Ciamis, Sumedang, Subang, Garut, dan Kabupaten Bandung.

Semuanya akan dibangun dengan menerapkan setting tempat di alam terbuka sehingga memunculkan kesan eksotis.

Dibangunnya pusat-pusat budaya ini, diharapkan dapat menyeimbangkan tumbuh kembang Jawa Barat tidak hanya di bidang inovasi futuristik, namun juga pelestarian nilai-nilai luhur budaya.

Rencana pembangunan di Kabupaten Sumedang akan dimulai tahun ini, bertempat di atas Bukit Ranca Kalong. Lokasi ini sangat indah dan memiliki pemandangan langsung ke arah Gunung Ceremai, Gunung Tampomas, dan Manglayang.

Desain penataan Alun-alun Manonjaya, Tasikmalaya, diunggah oleh Ridwan Kamil beberapa hari lalu pada 10 januari 2018. Desain ini merupakan rancangan dari seorang ikon desainer bernama Wandi Uwa Krisdian.

Alun-alun yang berada di dekat Masjid Agung Manonjaya ini didesain cantik sehingga nyaman untuk dijadikan tempat berkegiatan bagi masyarakat. 

Nantinya akan ada kolam yang dibuat di halaman masjid, lintasan lari yang mengelilingi lapangan, dan kursi-kursi yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk duduk bersantai.

Terakhir adalah rencana pembangunan Islamic Center di Banjaran.

Berdasarkan visual desain yang dibagikan Ridwan Kamil di Instagramnya Senin (14/1/2019) pagi, terdapat empat gedung berbeda ukuran dan tiga menara dalam satu kompleks yang berbentuk lingkaran.

Kompleks yang didominasi warna putih ini masing-masing bangunannya dikelilingi oleh kolam. 

Di banyak keterangan yang ia tulis di unggahannya, Ridwan selalu meminta doa masyarakat agar apa yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar.

Ia pun menyebut, saat ini Provinsi Jawa Barat tengah ngabret (bergerak cepat) menuju Jabar Juara Lahir Batin. Hal itu ia buktikan dengan banyaknya program-program pembangunan baik di bidang fisik maupun spiritual masyarakatnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/14/16093751/4-bulan-jabat-gubernur-ridwan-kamil-buat-13-desain-pengembangan-jabar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke