Salin Artikel

Perusakan Nisan Makam di Magelang Meluas

MAGELANG, KOMPAS.com - Perusakan nisan makam di Kota Magelang, Jawa Tengah, meluas sampai di tempat pemakaman umum (TPU) Kampung Kiringan dan Kampung Malangan, Kecamatan Magelang Selatan.

Sebelumnya, dugaan perusakan belasan nisan terjadi di TPU Giri Darmoloyo.

Kepala Polres Magelang AKBP Kristanto Yoga Darmawan, menyebutkan dugaan perusakan tidak hanya pada nisan makam Nasrani tapi juga makam Muslim.

"Kami menerima laporan dan informasi bahwa terjadi juga perusakan di TPU Kiringan dan Malangan, Kelurahan Tidar Utara, yang terdiri dari 7 makam Nasrani dan 2 makam Muslim," jelas Kristanto, Kamis (3/1/2019).

Sedangkan di TPU Giriloyo terdapat 11 makam Nasrani dan 1 makam Muslim. Lokasinya tidak berjauhan, yakni berada di Blok A3 dan C1.

Kristanto berujar, sejauh ini pihaknya belum dapat menyimpulkan apa motif pelaku. Polisi masih melakukan penyelidikan dengan olah tempat kejadian perkara, mengumpulkan barang bukti dan menghimpun keterangan sejumlah saksi.

"Kami mempunyai keinginan yang sama, bahwa pelaku dapat tertangkap dan terungkap motifnya serta tetap terciptanya kondusifitas di Kota Magelang," tandas Kristanto.

Lebih lanjut, pihaknya telah mengusulkan kepada Pemkot Magelang agar segera dilakukan perbaikan fisik terhadap makam yang dirusak tersebut.

Disisi lain, Kristanto juga telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, yakni Kesbangpol dan Linmas Kota Magelang, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan tokoh masyarakat setempat.

"Kami berupaya agar masyarakat jangan sampai terprovokasi, karena ini bukan isu SARA maupun agama," tegasnya.

Kristanto meminta agar siskamling di kampung-kampung lebih digiatkan lagi. Pihaknya juga telah melakukan patroli gabungan dengan unsur terkait baik TNI maupun Satpol PP.

https://regional.kompas.com/read/2019/01/03/12462041/perusakan-nisan-makam-di-magelang-meluas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke