Salin Artikel

10 Hektar Lahan Hutan di Lereng Gunung Merbabu Terbakar

Kebakaran hutan di lereng utara Gunung Merbabu itu diduga karena ulah manusia.

"Diperkirakan karena ada masyarakat yang membakar semak belukar/rumput di ladang dekat kawasan hutan. Percikan api itu terbawa angin kencang sehingga membakar semak-semak di lereng utara Merbabu," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung (BTNG) Merbabu, Edy Sutiyarto dikonfirmasi Kompas.com, Jumat malam.

Beruntung api yang membakar kawasan hutan tersebut berhasil dipadamkan sehingga tidak merembet ke kawasan lain. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 14.00 WIB melibatkan berbagai unsur.

"Tadi api yang membakar hutan lereng Gunung Merbabu berhasil kita padamkan sekitar pukul 14.00 WIB," jelas dia.

Meskipun api sudah padam, ujar Edy, pihaknya tetap selalu memantau perkembangan di kawasan tersebut. Mengingat cuaca yang panas dan banyak tumbuhan semak-semak kering sehingga rentan terbakar.

"Kita tetap terus memantau kondisi di sana meski sudah dipadamkan. Kita memastikan bahwa kondisi di sana itu betul-betul sudah padam," bebernya.

Secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali, Bambang Sinungharjo mengatakan, pemadaman kebakaran lahan hutan lereng utara Gunung Merbabu dilakukan secara manual, mengingat daerah itu tidak bisa dijangkau mobil pemadam kebakaran.

Pamadaman kebakaran hutan lereng Gunung Merbabu melibatkan semua unsur terkait di Kabupaten Boyolali. Ada dari kepolisian,TNI, BPBD, relawan PMI, BTNG Merbabu dan relawan lainnya.

"Pemadaman dilakukan secara manual karena medannya sulit dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran. Api berhasil dipadamkan sehingga tidak merembet ke kawasan lain," ungkapnya.

Dia mengungkap kebakaran hutan di lereng Gunung Merbabu pernah juga terjadi pada tahun 2015. Lahan hutan yang terbakar cukup luas apabila dibandingkan dengan kebakaran yang terjadi pada Oktober 2018 ini.

"Tahun 2015 dulu pernah terjadi kebakaran di sana (hutan lereng Gunung Merbabu). Kawasan hutan yang terbakar juga cukup luas," ucap dia.

Sementara untuk mengantisipasi kebakaran hutan di lereng Gunung Merbabu, Bambang mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas membakar sampah atau semak-semak di dekat hutan di lereng Gunung Merbabu.

https://regional.kompas.com/read/2018/10/12/23022921/10-hektar-lahan-hutan-di-lereng-gunung-merbabu-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke