Salin Artikel

Tim SAR Banjarmasin Evakuasi 5 Korban Tewas Terkubur Lumpur di Palu

Lima korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia akibat tertimbun lumpur pasca-gempa dan tsunami yang menerjang kawasan tersebut, Jumat (28/9/2018).

"Tim mengevakuasi 5 orang korban meninggal dunia, terdiri dari 3 orang laki-laki dan 2 orang perempuan," jelas Iman Saputra, juru bicara kantor SAR Banjarmasin, melalui pesan WhatsApp kepada Kompas.com, Senin malam.

Seluruh korban meninggal dunia telah dievakuasi ke RS Undata Kota Palu untuk proses identifikasi.

Kelurahan Petobo merupakan salah satu daerah yang paling dahsyat mengalami kerusakan akibat terguncang gempa bermagnitudo 7,4 dan tsunami.

Sebagian besar wilayah ini terkubur oleh bukit lumpur hingga nyaris lenyap.

Iman berujar, tim SAR gabungan dari berbagai unsur terus melakukan operasi pencarian korban di sejumlah titik di Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

Sebelum ke Petobo, tim yang dipimpin komandan regu Aulia itu melakukan upaya pencarian korban di sebuah ruko di daerah I Gusti Ngurai Rai Kota Palu. Namun setelah pencarian selama 2 jam, tim belum berhasil menemukan korban.

"Dari laporan masyarakat, tim bergerak menuju daerah I Gusti Ngurah Rai Palu untuk mencari korban yang terjebak di reruntuhan Ruko 2 lantai, tapi belum berhasil," sebut Iman.

Menurutnya, tim masih terkendala dengan peralatan yang digunakan untuk proses evakuasi ini. Hal itu karena banyaknya tembok besar yang runtuh akibat gempa yang disusul gelombang tsunami itu.

"Kalau bisa alat berat harus ditambah lebih banyak, karena banyak reruntuhan tembok-tembok besar," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2018/10/01/20594021/tim-sar-banjarmasin-evakuasi-5-korban-tewas-terkubur-lumpur-di-palu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke