Salin Artikel

Ribuan Warga Pantau Gerhana Bulan Total di Anjungan Pantai Losari

Nampak beberapa layar besar terpasang di Anjungan Pantai Losari lengkap dengan beberapa teropong canggih. Teropong tersebut berasal dari Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar dan dari beberapa komunitas Astronom Amatir Makassar (AAM).

Kepala Bidang Observasi BBMKG Wilayah IV Makassar, Ikhsan yang dikonfirmasi di Anjungan Pantai Losari mengatakan, teropong BMKG yang terpasang akan dikoneksikan ke server lalu disiarkan ke Youtube BMKG. Dari server milik BMKG, kemudian diputar melalui laptop.

"Jadi dari server itu akan dikoneksikan lagi ke laptop dan ditayangkan di layar lebar di Anjungan Pantai Losari. Jadi kalau masyarakat malas keluar, ya bisa ditonton live streaming pemantauan gerhana bulan total di Youtube BMKG," katanya.

Ikhsan berharap, cuaca di Makassar terus cerah, agar gerhana bulan total bisa sampai terpantau dan disaksikan masyarakat.

Selain pengamatan gerhana bulan total dengan teropong, jemaah masjid terapung Amirul Mu'minin juga menggelar shalat gerhana yang kemudian dilanjutkan dengan khotbah.

Nampak warga sejak sore mempersiapkan diri untuk melihat fenomena gerhana bulan total yang terjadi 150 tahun sekali itu.

https://regional.kompas.com/read/2018/01/31/19122581/ribuan-warga-pantau-gerhana-bulan-total-di-anjungan-pantai-losari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke