Salin Artikel

Bandung Miliki Salah Satu "Forest Walk" Terpanjang di ASEAN

Ridwan mengklaim, forest walk Babakan Siliwangi merupakan salah satu yang terpanjang di ASEAN.

"Forest walk ini salah satu terpanjang di ASEAN. Sejarah Babakan Siliwangi ini panjang. Dulu sebagai warga, tahun 2010 saya ikut protes bersama komunitas, karena ada rencana Pemkot Bandung akan membangun tujuh hektar komplek apartemen," ujar Emil, sapaan akrabnya.

"Setelah jadi wali kota, tahun 2014 saya berhasil melobi pengembangnya untuk tidak meneruskan, dan mengembalikan Babakan Siliwangi secara permanen sebagai hutan kota yang kita lestarikan," tuturnya.

Forest Walk Babakan Siliwangi memiliki trek pedestrian sepanjang 2,5 kilometer, di ketinggian sekitar 2-5 meter dari permukaan tanah. Pengunjung yang datang akan disajikan nuansa hutan kota yang sejuk, rindang, serta ragam aneka satwa seperti burung dan tupai.

"Namanya hutan kota aktivitas sosialnya harus ada. Nah bagaimana mewadahi aktivitas sosial di hutan kota? caranya adalah membuat warga bisa menikmati tanpa merusak, bersentuham langsung," ucap Emil.

Emil mengatakan, pembangunan diharapkan mampu menjadi ikon baru di Kota Bandung.

"Mudah-mudahan ini menjadi hadiah bagi orang Bandung ada tempat untuk berekreasi berjalan kaki dengan segar. Dan saya lihat banyak hewan, banyak tupai, burung dan lainnya," jelasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2018/01/17/14431051/bandung-miliki-salah-satu-forest-walk-terpanjang-di-asean

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke