Salin Artikel

Hari Pertama, 4 Paslon Daftar Pilkada di 7 Kabupaten/Kota di Jateng, 2 Paslon Independen

SEMARANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mencatat sejumlah pasangan calon yang mendaftar pada hari pertama pendaftaran Pilkada Serentak 2018. Dari tujuh kabupaten kota yang mendaftar, hanya Kota Tegal dan Kabupaten Kudus yang telah mendaftar.

Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan, pada hari pertama pendaftaran, Senin (8/1/2018), ada tiga pasangan calon yang mendaftar di Kudus dan satu paslon mendaftar di Kota Tegal.

"Kudus ada tiga calon, dua di antaranya pasangan independen. Satu paslon dari Kota Tegal," kata Joko, Selasa (9/1/2018).

Dari tiga pasang calon yang mendaftar pada Pilkada Kudus, dua di antaranya merupakan pasangan independen, yaitu Ahwan-Hadi Sucipto serta Nur Hartoyo-Junaidi. Mereka masing-masing mendaftar pada pukul 08.15 WIB dan pukul 11.47 WIB.

Sementara pasangan koalisi partai yang mendaftar yaitu Masan dan Noor Yasin. Pasangan Ketua DPRD Kudus dan Sekda Kudus itu diusung koalisi PDI-P, Golkar, Demokrat, dan PAN dengan total dukungan 19 kursi. Pasangan itu mendaftar pada sekitar pukul 15.18 WIB.

Sementara di Kota Tegal, putra bos Dedi Jaya mendaftar pukul 15.40 WIB. Pasangan calon wali kota dan wakil wali kotanya yaitu Dedi Yon Supriyono dan Jumadi.

Keduanya diusung koalisi yang didukung Demokrat, PAN, Gerindra, PKS, dan PPP. Total kursi dukungan di DPRD Kota Tegal mencapai 10 kursi.

Sementara untuk Pilkada Jateng, belum ada pasangan calon yang mendatar. Namun, menurut Joko, pasangan pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin bakal mendaftar siang ini di KPU.

"Rencananya pukul 14.00 WIB," ucap Joko.

Pasangan Ganjar-Taj Yasin tercatat di KPU diusung koalisi PDI-P, Nasdem, PPP, Demokrat, dan Golkar.

https://regional.kompas.com/read/2018/01/09/09431661/hari-pertama-4-paslon-daftar-pilkada-di-7-kabupatenkota-di-jateng-2-paslon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke