Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikah, Remaja dan Nenek 71 Tahun Tinggal di Rumah 4x5 Meter

Kompas.com - 05/07/2017, 11:54 WIB

BATURAJA, KOMPAS.com - Salah satu rumah kayu di RT 01 di Desa Karangendah, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, itu masih ramai, Senin (3/7/2017).

Tetangga dan warga sekitar terus berdatangan untuk memberikan ucapan selamat kepada Selamat Riyadi Bin Husni (16) dan pasangannya, Rohaya binti Kiagus Muhammad Jakfar (71), yang baru saja menikah.

Setelah menikah, pasangan pengantin baru itu tinggal di rumah milik Rohaya yang berukuran sekitar 4m x 5m. Di situ, mereka hanya tinggal berdua saja.

Siswoyo, Ketua RT setempat, yang sedang berada di rumah Rohaya menuturkan bahwa keduanya menikah di rumahnya pada malam hari.

Sebagai pendamping warga di RT itu, Siswoyo mengaku mengenal Rohaya yang sehari-hari hidup pas-pasan. Tidak ada harta berlimpah yang dimiliki Rohaya.

"Ibu Rohaya tidak ada harta, kecuali rumah ini,” kata Siswoyo.

(Baca juga: Nikahi Nenek 71 Tahun, Selamat Si Remaja 16 Tahun Bilang "Alhamdulillah")

Jawaban ini disampaikan menyusul isu yang beredar bahwa Selamat menikahi Rohaya karena harta.

Siswoyo mengatakan pula bahwa bahkan untuk biaya ijab kabul saja, kedua pasangan ini tidak memiliki dana. Semua biaya pernikahan ditanggung secara bersama-sama oleh aparat desa dan warga setempat yang bersimpati dengan Rohaya dan Selamat.

Menurut Siswoyo, untuk makan sehari-hari, mereka kerap menjadi buruh untuk membersihkan kebun orang atau kerja serabutan lainnya.

Perasaan syukur dan bahagia terpancar di wajah Selamat dan Rohaya saat ditemui, Senin.

“Alhamdulillah, kami sudah resmi menikah” tutur Selamat yang langsung disambut anggukan oleh Rohaya.

(Baca juga: Ancam Bunuh Diri jika Tak Direstui, Remaja 16 Tahun Nikahi Nenek 71 Tahun)

Selamat mengaku sangat bahagia karena wanita yang dulu dipanggilnya "Bibik" ini sudah menjadi istri sahnya meski pernikahan mereka sempat ditentang pihak keluarga masing-masing. Selamat mengaku sangat mencintai Rohaya.

Sebagian besar warga bersimpati kepada pasangan yang baru meresmikan pernikahan. Sejak menikah, warga terus berdatangan ke rumah Rohaya.

"Maaf semalem dak sempat hadir, ado famili menikah juga,” kata salah seorang ibu rumah tangga sambil menyalami dan mengucapkan selamat kepada pasangan Rohaya dan Selamat.

(Baca juga: Kisah Pemuda 24 Tahun di Madiun yang Menikah dengan Nenek 67 Tahun)

Siang itu, puluhan warga sekitar datang menemani Rohaya dan Selamat. Mereka duduk-duduk saja sambil menemani kedua pasangan baru itu.

Bahkan aparat desa mengajak semua warga memberi semangat, khususnya kepada Selamat, untuk selalu mesra kepada isterinya.

Namun, di tengah banyaknya simpati dan dukungan dari warga masyarakat Karangendah, sanak famili atau keluarga terdekat baik dari Rohaya maupun Selamat tidak terlihat.


Berita ini telah tayang di Tribun Sumsel, Senin (3/7/2017), dengan judul: Diisukan Hanya Incar Harta, Ternyata Pemuda 16 Tahun itu Nikahi Nenek Karena Hal ini

 

 

 

Kompas TV Nenek 91 Tahun Asal Jerman Ini Jago Akrobatik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com