Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri Sebut Jalur Nagrek dan Gentong Paling Bermasalah Selama Mudik

Kompas.com - 21/06/2017, 17:27 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Polisi Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian mengatakan, jalur mudik Selatan Jawa Barat mendapatkan perhatian penuh oleh jajarannya selama arus mudik Lebaran tahun ini.

Jalur tersebut memiliki beberapa titik rawan kemacetan dan selalu menjadi permasalahan selama musim mudik setiap tahunnya.

"Saya minta kepada jajaran di Polda Jabar untuk bekerja ekstra dan memberikan perhatian penuh selama musim mudik ini di titik rawan macet jalur Selatan Jabar. Jalur ini di Nagrek (Bandung) dan Gentong (Tasikmalaya) paling bermasalah selama ini. Daerah itu selalu menjadi pusat kemacetan tiap tahunnya. Pak Kapolda (Jabar) berikan atensi penuh di Nagrek dan Gentong," ucap Tito saat memantau arus mudik di Pos Terpadu Cikopo, Purwakarta, Rabu (21/6/2107).

Kapolri pun melakukan komunikasi langsung dengan anggotanya yang bertugas di kawasan jalur selatan Jabar tersebut.

Tito meminta kepada jajarannya untuk di setiap pinggir jalan dua daerah tersebut disiagakan anggota berjumlah lebih banyak. Sehingga jika terjadi penumpukan, para anggota bisa langsung menertibkan setiap penyebab yang bisa menimbulkan kemacetan.

"Saya minta di daerah rawan macet itu, para anggota berdiri di pinggir jalan untuk mengurai kemacetan. Nagrek dan Gentong selalu menjadi masalah tiap tahunnya," ungkap dia.

Baca juga: Ratusan Motor "Mudik" Lebih Dulu ke Kampung Halaman

Selain Nagrek di Kabupaten Bandung dan Gentong Kabupaten Tasikmalaya, kata Tito, jalur Selatan Jabar tersebut terdapat titik rawan kemacetan yang lain seperti di daerah Limbangan dan Malangbong, Garut.

Namun, kedua daerah itu masih terdapat beberapa jalur alternatif yang bisa dilalui untuk mengurai kemacetan. Sedangkan kalau sudah melalui Gentong, Tasikmalaya, titik itu jauh dari jalan alternatif dan bersumber menjadi masalah kemacetan. Apalagi jalur selatan Jabar ini merupakan salah satu jalur utama menuju Cilacap Jateng, Yogyakarta, dan daerah Selatan Jawa.

"Arus yang keluar dari Pintu Tol Cileunyi masih lancar, tapi tersendat di Limbangan. Diperkirakan malam ini jalur Selatan Jabar itu akan mengalami kepadatan kendaraan pemudik mobil dan motor," tambahnya.

Di jalur Selatan Jabar yang kondisinya berkelok-kelok dan turunan serta tanjakan curam pun termasuk daerah paling rawan terjadinya kecelakaan. Sehingga, kepada masyarakat yang hendak melewati jalur ini diimbau selalu waspada dan berhati-hati. Apalagi pemudik memakai motor yang melewati jalur Selatan Jabar ini tentu akan melewati kawasan Nagrek dan Gentong tersebut.

"Kepada pemudik diimbau selalu waspada dan berhati-hati," kata dia.

Baca juga: Ingin Mudik Nyaman dan Selamat? Ini Tips dari Kapolri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com