Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Minta Pemudik yang Naik Motor Beristirahat Tiap Dua Jam

Kompas.com - 18/06/2017, 13:27 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta agar pemudik yang menggunakan motor beristirahat setiap dua jam saat berkendara. Ini perlu dilakukan untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya .

"Saya sebenarnya mengimbau agar pemudik tidak menggunakan motor karena motor mempunyai tingkat resiko kecelakaan cukup tinggi. Tapi masih banyak," kata Budi Karya saat berkunjung ke Banyuwangi sabtu Malam (17/6/2017).

"Jadi selain istirahat setiap dua jam sekali, pemudik yang mengunakan motor juga jangan membawa barang bawaan terlalu banyak dan penumpang yang berlebihan," ujar dia.

Budi Karya juga mengingatkan pemudik yang melakukan perjalanan malam hari untuk tidak melakukan perjalanan seorang diri. Menurut dia, lebih aman jika melakukan perjalanan dengan rombongan.

Jika beristirahat di jalan, diusahakan juga mencari tempat yang aman.

"Untuk pengamanan, kami juga bekerja sama dengan pihak kepolisian, baik pengamanan jalan dan juga pemudik. Untuk pemudik kalau capek yang istirahat jangan dipaksakan," ucapnya.

(Baca juga: Menhub Minta Keselamatan Diutamakan pada Mudik Tahun Ini)

Budi juga menjelaskan, kemungkinan H-5 Lebaran, jumlah pemudik sudah mulai ada peningkatan. Dia juga mengingatkan agar petugas di lapangan mengingatkan pemudik terkait keselamatan di jalan.

Jika memungkingkan, pemudik juga bisa memanfaatkan program mudik gratis, baik yang dilakukan oleh pemerintah atau swasta.

"Kami sudah sediakan kapal, bus dan kereta api yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Lebih aman dibandingkan menggunakan motor apalagi perjalanan yang ditempuh jauh," tuturnya.

Kompas TV Total keseluruhan ada 19 juta orang yang akan melakukan mudik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com