Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syukuran Menang Pilkada, Bupati Kotawaringin Barat Gratiskan Makanan PKL

Kompas.com - 24/05/2017, 14:21 WIB
Kontributor Pangkalan Bun, Nugroho Budi Baskoro

Penulis

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Puluhan ribu porsi makanan dari seratusan pedagang kaki lima (PKL) disediakan untuk masyarakat secara gratis dalam acara syukuran yang digelar Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Nurhidayah dan wakilnya, Ahmadi Riansyah, di Pangkalan Bun, Rabu (24/2017) siang.

Berbagai ragam makanan seperti bakso, soto, nasi goreng, dan makanan tradisional Pangkalan Bun coto menggala menjadi rebutan warga yang datang ke lokasi pesta itu.

Baca juga: Komnas HAM Akan Panggil Tim Tujuh dan Bupati Kotawaringin Barat

Hanya dalam tempo setengah jam, makanan itu ludes disantap warga. Mereka yang terlambat datang sudah tak kebagian lagi.

Pedagang pun senang karena dagangannya ludes seketika. Apalagi mereka menyajikan dagangan dengan porsi yang lebih besar.

"Saya biasanya membeli daging hanya tiga kilo sehari. Tapi hari ini beli lima kilo, dan baksonya langsung habis," kata Pardi, pedagang bakso yang biasanya mangkal di kawasan pelabuhan speed boat, di Sungai Arut, yang tak jauh dari lokasi hajatan itu.

Joliansyah, salah seorang panitia syukuran menyatakan, bupati baru memang ingin bergembira dengan seluruh warga yang telah menyukseskan pilkada.

"Kami memang sengaja memesan makanan dari PKL untuk masyarakat," katanya.

Hajatan syukuran kemenangan pilkada ini kemudian diisi hiburan musik dengan penampilan 12 artis dangdut yang kerap muncul di stasiun televisi nasional.

Nurhidayah, yang baru berusia 42 tahun ini merupakan bupati perempuan pertama di Kalimantan Tengah. Bersama Ahamdi, mereka mengalahkan empat pasangan lainnya dalam Pilkada Serentak 15 Februari 2017, dengan memperoleh 52 persen.

Kemenangan mereka tak lepas dari sokongan delapan partai, yaitu Golkar, PDI Perjuangan, PPP, PAN, PKB, Hanura, Nasdem, dan PKS.

Mantan wakil ketua I DPRD Kabupaten Kotawaringin ini resmi dilantik sebagai Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat, di Istana Isen Mulang, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (22/5/2017).

Baca juga: Dilantik, Bupati Kotawaringin Barat Jadi Bupati Perempuan Pertama di Kalteng

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melantik Nurhidayah bersama Wakil Bupati Ahmadi Riansyah.

Nurhidayah tak hanya menjadi bupati perempuan pertama di Kotawaringin Barat, tetapi juga se-Kalimantan Tengah.

Kompas TV Banjir yang melanda Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, terus meluas. Badan Penananggulangan Bencana Daerah, Kotawaringin Barat, menyebut ada 400 rumah yang rata terendam luapan Sungai Arut. Meski sudah merendam hampir sepekan, hingga hari Minggu kemarin banjir belum menunjukkan tanda-tanda segera surut. Makin meluasnya banjir akibat meluapnya sungai arut, menurut BPBD sudah masuk level siaga darurat. Dari 739 rumah yang terkena dampak banjir, 400 di antaranya sudah rata dengan air. Warga pun mulai banyak yang mengungsi.baik ke posko-posko di kelurahan,maupun daerah lain yang lebih tinggi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com