Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayam pun Enggan Makan Beras Sejahtera yang Sudah Membusuk

Kompas.com - 23/05/2017, 20:46 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com – Warga RW VIII, Kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan menemukan beras miskin atau beras sejahtera (rastra) yang sudah bau dan tak layak konsumsi.

"Setelah saya pisahkan yang baik dengan yang busuk, beras rastra yang busuk saya beri makan ayam. Namun ayam pun enggan memakan yang kuning karena memang baunya menyengat," ujar Paisah di rumahnya Jalan Pancasila, Kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (23/5/2017).

Menurut Paisah, ayam jantan merah miliknya, dikenal paling rakus makan. Tapi kali ini tidak seperti biasanya.

"Ayam jantan milik saya, kalau diberi makanan, nasi basi pun dilahap hingga habis. Namun diberi Rastra busuk berwarna kuning, ia tak mau makan," ucapnya.

(Baca juga: Ditemukan, Beras Sejahtera untuk Warga Miskin Berbau dan Berwarna Kuning)

 

Sementara itu, Juminten, tokoh masyarakat di daerah tersebut meminta warga tidak mengomsumsi beras Rastra pembagian itu untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

"Namun warga masih mengomsumsi beras yang sudah dipisahkan dari sebagian yang masih baik. Saya juga akan berusaha meminta gantinya kepada pihak terkait," terangnya.

Kepala Sub Divre Bulog Kota Parepare, Asmal mengaku sudah mengganti beras yang rusak. Beras pengganti itu akan didistribusikan ke warga yang menerima beras yang rusak.

(Baca juga: Tahun Ini, Pemerintah Bagikan Beras Sejahtera untuk 1,4 Juta Orang)

"Kami heran, padahal sebelum didistribusikan, petugas kami bersama pihak pemerintah daerah mengecek kelayakan beras terlebih dahulu.," ucapnya seraya berjanji akan segera melakukan investigasi mengapa beras rastra yang dibagikan bisa busuk dan rusak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com