Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencari Tahu Penyebab Kematian Dosen ITB Suryo Utomo

Kompas.com - 15/05/2017, 07:35 WIB

CIANJUR, KOMPAS.com - Keluarga Suryo Utomo, dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) yang ditemukan tewas mengambang di Waduk Cirata, Cianjur, Jawa Barat, masih menunggu otopsi oleh tim dokter.

Kasat Reskrim Polres Cianjur AKP Beny Cahyadi di Cianjur, Minggu (14/5/2017), mengatakan otopsi dilakukan untuk mengungkap penyebab pasti tewasnya dosen tersebut yang beberapa hari lalu dilaporkan hilang.

"Atas izin dan permintaan keluarga, tim melakukan otopsi guna mengungkap penyebab kematian korban," katanya.

Baca juga: Jenazah Dosen ITB Tiba di Bandung, Rektor Ucapkan Duka Mendalam

Dia menjelaskan korban ditemukan di sungai yang berjarak 2 kilometer dari tempat penemuan mobil milik korban yang terparkir. Saat ditemukan, sejumlah luka ada di tubuh korban, luka patah dan luka bakar di bagian kaki.

Hingga tadi malam, kata dia, tim dokter masih melakukan tugasnya, sedangkan pihak keluarga masih menunggu di salah satu ruangan di Insttalasi Pemulasaraan Jenazah RSUD Cianjur.

Rencananya, pihak keluarga akan membawa jenazah korban ke Bandung, guna dimakamkan.

Sebelumnya, tim memastikan korban adalah Suryo Utomo dosen ITB yang dilaporkan hilang, setelah mencocokan sampel darah dan DNA dari orang tua korban, meskipun pihak keluarga sudah membenarkan jasad yang ditemukan Suryo Utomo setelah melihat dari tanda-tanda fisik di tubuh korban.

Disemayamkan di Masjid Salman

Jenazah Suryo Utomo disemayamkan sebelum dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Cikutra.

Jenazah tiba sekitar pukul 21.00 WIB dan langsung dishalatkan di Masjid ITB dengan dipimpin Rektor ITB, Kadarsah Suryadi. Suasana haru pun menyelimuti kedatangan almarhum. Tampak beberapa keluarga serta kerabatnya tak kuasa menahan air mata.

Sebelumnya, Suryo dikabarkan menghilang pada Rabu (10/5/2017) usai mengantarkan ibunya ke Terminal Leuwi Panjang.

Setelah itu, Suryo tidak bisa dihubungi oleh pihak keluarga. Mereka kemudian melaporkan kasus ini kepada Polrestabes Bandung untuk membantu pencarian.

Polisi yang mendapatkan laporan, langsung bergegas mencari korban, hingga akhirnya melalui Polsek Cianjur mendeteksi keberadaan mobil yang digunakan Suryo tengah terparkir di kawasan Ciranjang dengan kondisi kosong.

Baca juga: Jasad di Cianjur Dipastikan adalah Dosen ITB yang Hilang

Beberapa hari kemudian, polisi menemukan sesosok jasad mengambang di Waduk Cirata, Ciranjang, Kabupaten Cianjur. Berdasarkan ciri-ciri pakaian jasad tersebut, sama seperti yang dikenakan Suryo saat dikabarkan menghilang.

Untuk memastikannya, polisi mengundang pihak keluarga korban untuk mengecek kebenaran informasi tersebut. Setelah divisum di RSUD Cianjur, jasad tersebut memang benar merupakan Suryo Utomo.

Usai disahalatkan di Masjid Salman ITB, almarhum langsung dimakamkan di TPU Cikutra Kota Bandung.

Kompas TV Kerabat Mulai Datangi Rumah Dosen ITB
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com