Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Bakar 1.000 untuk Ahok Juga Digelar di Timor Leste

Kompas.com - 12/05/2017, 21:08 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

DILI, KOMPAS.com - Aksi dukungan moral untuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara bukan hanya dilakukan oleh warga Indonesia saja.

Sejumlah warga negara Timor Leste menggelar aksi membakar 1.000 lilin untuk Ahok di Jardim Motael di depan Gereja Motael, Kota Dili (ibu kota Negara Timor Leste), Jumat (12/5/2017) malam.

Baca juga: Ribuan Lilin Lambang Cinta dari Mamasa untuk Ahok

Koordinator aksi, Natalino de Jesus Dias, saat dihubungi Kompas.com melalui pesan multimedia mengatakan, aksi itu dimulai pukul 19.00 waktu setempat.

Menurut Natalino, aksi yang dilakukan secara spontanitas itu dihadiri oleh sejumlah pemuda, pejabat negara, artis, fans Ahok, mantan duta besar Timor Leste untuk Indonesia, para jurnalis dan masyarakat.

"Banyak orang di Timor Leste yang mengidolakan Pak Ahok dan aksi ini sebagai rasa simpati yang mendalam kepada Pak Ahok. Kami mau membuktikan bahwa jeruji dan tembok penjara tidak bisa batasi rasa simpati, kasih sayang dan doa dari fansnya yang berada di Timor Leste," ujar Natalino, Jumat malam.

Aksi bakar 1.000 lilin ini, lanjut Natalino, sebagai dukungan untuk Ahok supaya selalu kuat menghadapi semuanya.

"Kami ingin Pak Ahok tahu bahwa kami di sini selalu mendukung beliau dalam situasi apapun," ucapnya.

"Kami berharap Pak Ahok bisa dengar suara kami lewat aksi ini bahwa kami selalu mendukung dan mengidolakan dia," katanya.

Baca juga: Aksi 1.000 Lilin untuk Ahok di Kefamenanu akan Digelar 7 Hari

Natalino mengaku, aksi ini adalah yang kedua setelah kegiatan serupa juga digelar di Patung Cristo Rei, Kamis (11/5/2017), yang dilakukan oleh kelompok pemuda yang lain.

Kompas TV Aksi ini mereka lakukan sebagai bentuk dukungan untuk Ahok agar kuat menjalani masa hukumannya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com