Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 40 Motor Trail yang Disiapkan Saat Jokowi dan Rombongan Jajal Trans Papua

Kompas.com - 10/05/2017, 16:18 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menaiki motor trail Kawasaki KLX menjajal sulitnya medan pembangunan Jalan Trans Papua, Rabu (10/5/2017).

Sebelumnya, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPLN) Wilayah XVIII Papua Oesman Marbun mengatakan, sebanyak 40 motor trail disiapkan untuk digunakan Jokowi dan bersama rombongan dalam kunjungan kerja di Wamena.

Dia mengatakan, sepeda motor trail digunakan setelah km 37 dari panjang Wamena-Habema sepanjang 47 km. Dari sekitar 10 km yang belum diaspal itu saat ini masih merupakan jalan padat tahan cuaca (japat).

"Walaupun disiapkan 40 sepeda motor jenis trail, namun belum tentu semuanya digunakan, karena itu tergantung kebutuhan di lapangan," kata Marbun di Jayapura, Senin (8/5/2017).

(Baca juga: Naik Motor Trail, Jokowi Jajal Satu Ruas Jalan Trans Papua)

Jalan Wamena-Habema merupakan bagian dari jalan Wamena-Mumugu sepanjang 284 km yang pengerjaannya melibatkan Zipur TNI AD sejak 2016.

Pelabuhan akan dibangun di Mumugu sehingga barang-barang kebutuhan masyarakat diangkut melalui jalan darat ke Wamena atau daerah lainnya di kawasan pegunungan tengah hingga dapat menekan harga jual yang selama ini tinggi karena diangkut dengan pesawat.

Pada tahun 2015, Presiden Jokowi berkunjung ke Kenyam dari Timika. Sepulangnya dari kunjungan tersebut, dia langsung memerintahkan Panglima TNI untuk membantu mengerjakan ruas jalan tersebut.

 

Kompas TV Orang Mante Diduga Terlihat di Aceh
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com